Kabar Baik, Ukraina Klaim Rebut Kembali Sejumlah Wilayah dari Rusia

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan dia memiliki "kabar baik", mengklaim merebut kembali beberapa wilayah pendudukan dari Rusia. Desas-desus perebutan kembali wilayah oleh Ukraina di wilayah Kharkiv timur telah beredar selama berhari-hari, tetapi tanpa konfirmasi resmi dari pejabat Ukraina.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Berbicara dalam video pidato, Rabu malam 7 September 2022, kepada rakyat Ukraina, Zelensky mengatakan ada "kabar baik" tentang rumor keberhasilan pasukan Ukraina merebut kembali wilayah Ukraina dari Rusia. Namun, Zelensky menolak menyebutkan tempat-tempat mana yang telah direbut kembali, dengan mengatakan bahwa "sekarang bukan waktunya untuk menyebutkan" tempatnya.

VIVA Militer: Bangkai jet tempur militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • bulgarianmilitary.com
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

"Saya pikir setiap warga negara merasa bangga dengan tentara kami," katanya. Dia menyebut unit militer tertentu dan memuji keberanian mereka dalam pertempuran.

Tapi dia berkata: "Sekarang bukan waktunya untuk menyebutkan wilayahnya dimana bendera Ukraina dikembalikan."

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Ukraina telah memperketat keamanan operasionalnya dalam beberapa pekan terakhir, berbagi sedikit rincian tentang serangan balasan yang diperkirakan diperluas di timur dan selatan. Tentara Ukraina telah melancarkan serangan di tenggara Kharkiv, menuju wilayah timur Donetsk, di mana Rusia telah mempertahankan kendali militer substansial sejak perang dimulai enam bulan lalu.

Beberapa laporan menunjukkan pasukan Ukraina mungkin beberapa puluh kilometer dari kota Izyum, sebuah mata rantai penting dalam rantai pasokan militer Rusia.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina di Donetsk

Photo :
  • usatoday.com

Secara terpisah, para pejabat AS mengatakan Ukraina membuat "kemajuan yang lambat, tapi berarti" dalam melawan pasukan Rusia. Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan AS, Colin Kahl, menyatakan bahwa pasukan Ukraina berkinerja lebih baik daripada pasukan Rusia di beberapa daerah.

"Ini hari-hari awal. Saya pikir Ukraina membuat kemajuan yang lambat tapi berarti. Dan kita akan melihat bagaimana keadaan berjalan," katanya seperti dikutip oleh kantor berita Reuters.

"Tapi saya tentu berpikir segalanya berjalan lebih baik di pihak Ukraina sekarang di selatan daripada yang benar di pihak Rusia."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya