Ternyata Harga BBM di Brunei Darussalam Lebih Murah dari Es Teh Manis

Raja Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah
Sumber :
  • billionairesnewswire

VIVA Dunia – Sudah menjadi rahasia umum bahwa negara Brunei Darussalam didapuk sebagai negara kaya raya. Diketahui, Brunei Darussalam merupakan negara kecil namun berlimpah sumber daya alam, terutama dalam bidang pertambangan. 

22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Tak ayal, minyak bumi dan gas alam menjadi tumpuan mata pencaharian dan pendapatan utama negara tersebut. Kuat dalam sektor tambang, penghasilan negara ini tentu saja tidak main-main. 

Tidak salah, bila negara dengan penduduk sekitar 400 ribu jiwa ini didapuk sebagai negara kaya raya. Dikatakan sebagai negara kaya raya lantaran kemakmuran warganya. Hal ini bisa dibuktikan ketika tinggal di negara yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah itu. 

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Brunei Darussalam.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang dikatakan oleh YouTuber dari Indonesia yang saat ini menetap di Brunei Darussalam, Wulan. Lewat sebuah video yang diunggah beberapa waktu lalu, Wulan membeberkan kenyamanan hidup di Brunei Darussalam. 

Luhut Binsar Pandjaitan Bocorkan BBM Pengganti Pertalite

Menjadi salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, memang tak dipungkiri harga BBM juga murah. Dikatakan Wulan, harga solar di negara ini hanya 31 sen atau sekitar 3500 per liter. Sedangkan untuk harga bensin RON 97 dihargai dengan 53 sen atau Rp5500. 

Tentu saja harga BBM itu jauh lebih murah ketimbang Indonesia yang semakin melonjak. Bahkan, dia mengatakan bahwa harga BBM lebih murah ketimbang es teh. 

"Lebih mahal es teh yang seharga 1 dollar brunei atau Rp10.500," imbuh Wulan.

Raja Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah

Photo :
  • billionairesnewswire

Wulan juga mengatakan bahwa setelah dirinya tinggal selama kurang lebih 10 tahun di sana, harga BBM tetap stabil, meskipun harga minyak dunia mengalami turun naik. 

"Dari saya di sini 10 tahun yang lalu hingga sekarang tak ada kenaikan sama sekali," jelas dia.

Selain itu, Wulan juga membeberkan bahwa pendidikan di negara ini gratis, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jadi, saat menempuh pendidikan di Brunei Darussalam, kamu tidak akan diwajibkan membayar biaya sekolah. 

Pihak kerjaan juga menyediakan angkutan gratis untuk siswa yang sekolah. Serunya lagi ketika masuk ke perguruan tinggi, mahasiswa yang akan menempuh pendidikan akan diberikan tunjangan senilai 300 dolar Brunei atau setara Rp3,2 juta rupiah per bulan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya