Indonesia-Sudan Selatan Resmi Punya Hubungan Diplomatik

Wapres Sudan Hussein Abdelbagi AkolAgany saat bertemu Sekjen PBB
Sumber :
  • AP Photo/Craig Ruttle

VIVA Dunia – Indonesia dan Sudan Selatan resmi memiliki hubungan bilateral. Penandatanganan komunike bersama pembukaan hubungan diplomatik antara kedua negara tersebut dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Wakil Menteri Luar Negeri Sudan Selatan, Honorable Deng Dau Deng Malek di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, Selasa, 20 September 2022.

Hamas Sambut Baik Keputusan Kolombia Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

“Penandatangan Komunike tersebut membuka lembaran baru bagi Indonesia dan Sudan Selatan untuk membangun kerja sama konkret yang menguntungkan kedua negara, termasuk kerja sama ekonomi", kata Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi.

Photo :
  • Tangkapan layar zoom meeting
Kolombia Bakal Putus Diplomatik dengan Israel: Presidennya Lakukan Genosida

Mengutip dari rilis Kemlu RI, Rabu, 21 September 2022, selain itu, pernyataan yang sama juga dilontarkan oleh wakil Menteri Malek dalam kesempatan itu.

Setelah penandatanganan pembukaan hubungan diplomatik, kedua pihak dalam pertemuan tersebut juga membahas kerja sama di bidang infrastruktur dan minyak. 

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Kedua negara sepakat untuk menandatangani kontrak kerja sama antara PT Waskita Karya dengan Kementerian Sudan Selatan di bidang infrastruktur. Nantinya, kerja sama di bidang minyak juga akan segera dijajaki.

Sebelumnya Indonesia mengakui kemerdekaan Sudan Selatan pada 2011. Saat itu Duta Besar RI di Khartoum menghadiri deklarasi kemerdekaan Sudan Selatan di Juba pada 9 Juli 2011.

Selanjutnya Kementerian Luar Negeri dua negara akan menindaklanjuti komunike bersama ini dengan proses penunjukan duta besar dan dibukanya kantor kedutaan di kedua negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya