AS Ucapkan Selamat Atas Pemilu Indonesia, Harap Bisa Bekerja Sama dengan Presiden Terpilih

Matthew Miller (Doc: US Gov)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

WashingtonAmerika Serikat (AS) mengucapkan selamat atas Pemilu 2024 yang berlangsung di Indonesia dan menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia nantinya.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

"Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, di website resmi pemerintahan AS, pada Kamis, 15 Februari 2024.

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana
DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Matthew mengatakan bahwa pemungutan suara yang berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024, merupakan ketangguhan komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu.

Meski demikian, AS masih menunggu hasil resmi Pemilu 2024 yang diumumkan KPU. "Kami menantikan pengumuman resmi hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum," ucapnya.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Matthew menyebut di tahun ini Indonesia dan Amerika Serikat merayakan 75 tahun hubungan diplomatik, dan oleh sebab itu, AS berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta badan legislatif mengenai prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara, termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, serta menjaga stabilitas internasional," ucapnya.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Menurutnya, AS dan Indonesia adalah mitra dekat yang berpedoman pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam Kemitraan Strategis Komprehensif.

Dia meyakini kerja sama berkelanjutan ini akan membawa hubungan diplomatik Indonesia dan AS menjadi lebih baik.

"Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kami akan berupaya mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kami dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya