Tiket One Way Keluar Rusia Ludes Usai Perintah Putin Rekrut 300.000

Vladimir Putin umumkan penjaringan tentara cadangan baru untuk Perang Ukraina
Sumber :
  • Russian Presidential Press Service via AP

VIVA Dunia – Tiket pesawat keluar Rusia untuk sekali perjalanan pergi ludes tak lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan sedang menjaring 300.000 calon petempur ke Ukraina. Tugas militer itu diumumkan di Rusia untuk menjaring orang-orang masuk dalam tentara cadangan.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Sementara yang punya latar belakang latihan militer akan diutamakan sebagaimana dilansir Telegraph, Rabu 21 September 2022.

Pengumuman penjaringan ratusan ribu calon tentara cadangan itu diumumkan Putin melalui saluran televisi. Hal ini kemudian memicu ketakutan bagi orang-orang usia dewasa khususnya pria akan dilarang keluar Rusia. Tak lama kemudian pembelian tiket dalam beberapa jam amat pesat untuk pergi ke negara lain. Yang paling banyak tujuannya adalah ke Turki dan ke Armenia lantaran warga Rusia bebas visa ke sana.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Menhan Rusia Sergei Shoigu dan Kepala Staf Militer Rusia saat konferensi pers

Photo :
  • Russian Defense Ministry Press Service via AP

Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu menyatakan bahwa penjaringan itu dimungkinkan terbatas bagi kriteria tertentu khususnya bagi mantan tentara atau tentara profesional yang belum keluar berperang. Sementara pelajar belum akan jadi target.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Namun demikian data Google Trend menggambarkan reaksi kekhawatiran warga Rusia. Buktinya kurang dari 24 jam pencarian dan pemesanan di Aviasales, website populer di Rusia untuk pembelian tiket transportasi itu menunjukkan kenaikan pesat. Penerbangan langsung ke Istanbul, Turki dan ke Yerevan, Armenia diserbu pembeli tanpa membeli tiket kembali alias tiket one way.

Granat dan amunisi di lantai sekolah di Izium, Ukraina yang ditinggalkan Rusia

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka

Oleh karena itu pada Rabu petang, tiket penerbangan Rusia ke dua negara itu langsung ludes sebagaimana data Aviasales.

Sementara itu penerbangan dengan transit juga mengalami kenaikan termasuk dari Moskow ke Tbilisi dan tiketnya juga dilaporkan habis. Penerbangan dari Moskow ke Dubai yang biasanya paling murah juga mengalami kenaikan sampai 5 kali lipat dari biasanya karena diserbu pembeli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya