Dubes Rusia: Kehadiran Putin di G20 Bergantung Situasi di Rusia dan Kondisi di Indonesia 

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Russian Presidential Press Service via AP

VIVA Dunia – Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menjelaskan mengenai kesiapan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk hadir dalam KTT G20 yang akan berlangsung di Bali. Dalam press briefing yang diadakan pada Rabu, 12 Oktober 2022, Dubes Rusia itu menjelaskan bahwa sampai saat ini, rencana Putin untuk mengunjungi Indonesia masih dalam tahap pembicaraan. 

Jokowi Minta Relokasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Dipercepat

Kedatangan Putin tentu saja bergantung pada situasi di Rusia dan kondisi di Indonesia. 

"Semua masih dalam pematangan dan semua tergantung situasi di Rusia ataupun di Indonesia," ujar Lyudmila dalam press briefing di Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

Pesan Luhut ke Prabowo: Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahanmu

Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva

Photo :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

Selain itu, meski Indonesia sudah menyediakan hotel untuk presiden Rusia, Lyudmila masih belum bisa memastikan kedatangan Putin untuk KTT tersebut. Namun, dia menggarisbawahi jika nantinya Putin tidak hadir, maka pemimpin Rusia itu akan mengirim wakilnya untuk menggantikannya dalam KTT G20.

Istana: Ada atau Tidak Ada Presidential Club, Presiden dan Mantan Presiden Penting Bersilaturahmi

"Kami sudah melihatnya (hotelnya), jika nantinya presiden Putin tidak bisa datang, dia pasti akan mengirim wakil untuk hadir."

Sebelumnya, Putin telah diundang secara personal oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri KTT G20 pada bulan depan, saat dirinya menjalankan misi perdamaian ke kedua negara yang berselisih yakni Rusia dan Ukraina, pada Juni 2022 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

Presiden Jokowi merespons baik wacana presiden terpilih Prabowo Subianto membentuk perkumpulan presiden terdahulu atau presidential club.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024