Rusia Tertawakan Pengunduran Diri PM Inggris Liz Truss

Perdana Menteri Inggris Liz Truss di Downing Street
Sumber :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

VIVA Dunia – Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya setelah menjabat hanya 45 hari lamanya. Sontak pengunduran diri PM Truss ini membuat Rusia bak bersorak dan kemudian mencemooh bahwa Liz Truss terbukti tak mampu menjadi pemimpin. Dia dicap kurang pengetahuan dan jabatan singkat ini memalukan.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

“Sepertinya belum pernah ada PM Inggris seperti ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam unggahannya di media sosial pada Kamis, 20 Oktober 2022 sebagaimana dikutip dari Hindustan Times.

Liz Truss diketahui pernah menjadi sasaran komentar pedas Moskow saat kunjungannya ke Rusia pada Februari lalu hanya beberapa saat sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Kunjungan itu juga dianggap sebagai upaya sia-sia untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Juru Bicara Kemlu Rusia Maria Zakharova di St. Peterseburg, Rusia

Photo :
  • TASS Host Photo Agency Pool via AP

Pada saat itu Truss yang masih menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris mendapatkan celaan dari media Rusia lantaran disebut bingung dan kurang paham membedakan dua wilayah Rusia dengan Ukraina saat melakukan pertemuan dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

Sementara para pejabat Rusia pun sedari awal menunjukkan kurang sreg atas jabatan Liz Truss sebagai perdana menteri. Apalagi Inggris dianggap menjadi pendukung utama Ukraina termasuk dalam memberikan bantuan senjata. Hal itu menyebabkan hubungan Inggris-Rusia tegang dalam beberapa bulan terakhir.

PM Inggris Liz Truss

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Sejak ditunjuk sebagai PM Inggris, Lavrov mengatakan Truss tidak mengetahui bagaimana cara berkompromi dan mempertanyakan bagaimana pemimpin Inggris itu bisa mengatakan dia tidak tahu apakah Presiden Prancis Emmanuel Macron adalah teman atau musuhnya.

Selain itu Zakharova juga mencemooh pemotretan profil Truss di Estonia tahun lalu yang mana Truss pada saat itu menggunakan jaket antipeluru dan helm untuk naik tank selama dia mengunjungi pasukan Inggris yang ditempatkan di negara Baltik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya