Jadi Imam Sholat di Hagia Sophia, Abdullah Basfar Divonis 12 Tahun Penjara oleh Arab Saudi

Dr. Abdullah Basfar
Dr. Abdullah Basfar
Sumber :
  • The Arab News

VIVA Dunia – Seorang imam yang juga seorang penghafal Al-Quran dari Arab Saudi telah dijatuhi hukuman 12 tahun penjara setelah dia memimpin shalat di halaman masjid Hagia Sophia di Turki

Organisasi hak-hak Saudi `Prisoners of Conscience' mengatakan pria yang bernama Abdullah Basfar itu telah diberikan hukuman "dalam konteks menerima undangan untuk memimpin jamaah shalat di halaman masjid Hagia Sophia di Turki."

"Kami mengutuk putusan itu, dan kami meminta pihak berwenang untuk membebaskannya tanpa syarat," tambah organisasi tersebut, melansir The Arab News, Jumat, 21 Oktober 2022. 

Dr. Abdullah Basfar

Dr. Abdullah Basfar

Photo :
  • The Arab News

Basfar adalah seorang tokoh agama terkenal di negara itu, yang sebelumnya memegang jabatan sebagai profesor asosiasi dalam Studi Syariah dan Islam di Universitas King Abdulaziz di Jeddah.

Dia ditangkap pada Agustus 2020, setelah video dia memimpin salat di masjid Istanbul yang terkenal pada 2014, menyebar secara online, menurut Prisoners of Conscience.

Dia ditahan dalam penahanan pra-sidang selama dua tahun, selama waktu itu dia "diganggu" oleh para interogator. Tidak jelas secara pasti dakwaan apa yang dijatuhkan kepada Basfar.

Halaman Selanjutnya
img_title