Korban Tewas Tragedi Itaewon Bertambah 155 Orang, 30 Kritis

Bucket bunga duka cita di lokasi tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVA Dunia – Korban tewas akibat tragedi pesta Halloween di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan, bertambah menjadi 155 orang. Pejabat berwenang menyampaikan jumlah kematian bertambah setelah petugas menerima laporan pasien wanita meninggal dunia semalam.

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

"Satu kematian lagi dikonfirmasi dari kerumunan Halloween di Seoul, meningkatkan jumlah korban tewas dari tragedi itu menjadi 155," kata pejabat di Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat dilansir Korea Herald, Selasa, 1 November 2022.

Sebanyak 30 orang masih dalam kondisi serius, sementara 122 lainnya mengalami luka ringan, kata mereka. 

Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Art Awards ke-60

Sementara itu, sebanyak 26 orang yang tewas dilaporkan adalah warga negara asing dari China, Rusia, Iran, Uzbekistan, dan negara lain -- masih dalam identifikasi. Ada satu orang Amerika di antara yang tewas, kata Kementerian Dalam Negeri dalam sebuah rilis. 
Menteri Luar Negeri Park Jin memerintahkan para pejabat untuk segera memberi tahu kedutaandi Seoul tentang terkait status terkini korban warga asing di Itaewon. 

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

"Karena identitas korban masih diidentifikasi, ada kemungkinan jumlah korban asing akan bertambah lagi," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri. "Dalam konsultasi erat dengan Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, Kami akan segera melakukan tindakan tindak lanjut yang diperlukan mengenai korban asing," dilansir Korea Herald, Senin, 31 Oktober 2022.
 
Pihak berwenang mengatakan ribuan orang telah menelepon atau mengunjungi kantor kota terdekat, melaporkan kerabat yang hilang dan meminta pejabat untuk mengkonfirmasi apakah mereka termasuk di antara mereka yang terluka atau tewas setelah kecelakaan itu. 

Jenazah korban tewas disimpan di 42 rumah sakit di Seoul dan provinsi Gyeonggi di dekatnya. Pemerintah Kota Seoul akan menginstruksikan krematorium untuk membakar lebih banyak mayat per hari sebagai bagian dari rencana untuk mendukung proses pemakaman. 

Sebanyak 149 orang tewas dan 78 lainnya luka saat perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan, Sabtu 29 Oktober 2022.

Photo :
  • Yonhap.

Diperkirakan 100.000 orang telah berkumpul di Itaewon untuk perayaan Halloween outdoor terbesar di negara itu sejak pandemi dimulai. Pemerintah Korea Selatan telah melonggarkan pembatasan COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir.
 
Saksi mata mengatakan jalan-jalan sangat padat dengan orang-orang dan kendaraan yang bergerak lambat sehingga hampir tidak mungkin bagi pekerja darurat dan ambulans untuk dengan cepat mencapai gang dekat Hamilton Hotel, tempat pesta besar di Seoul. 

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengumumkan masa berkabung nasional selama satu minggu pada hari Minggu dan memerintahkan pengibaran bendera di gedung-gedung pemerintah dan kantor-kantor publik setengah tiang.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya