PM Fumio Kishida Janji Tingkatkan Kapasitas Militer Jepang

PM Jepang, Fumio Kishida.
Sumber :
  • Nikkei Asia

VIVA Dunia – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjanji untuk meningkatkan kapasitas angkatan laut dan militer Jepang, serta memperingatkan bahwa negara-negara harus bersiap menghadapi agresor.

Ditekuk Jepang, Indonesia Tantang Thailand di Perempat Final Uber Cup 2024

Melansir dari The Sun Daily, Kishida juga mengutuk perang Rusia di Ukraina dan mengecam uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini, salah satunya terbang di atas Jepang untuk pertama kalinya sejak 2017 dan memicu peringatan evakuasi.

Kantor perdana menteri Jepang.

Photo :
  • Istimewa
Uber Cup: Pasangan 'Gado-gado' Lanny/Fadia Mampu Repotkan Jepang

"Kita harus mempersiapkan diri untuk era ketika 'aktor' muncul untuk tidak mematuhi aturan dan menggunakan kekuatan atau ancaman untuk menghancurkan perdamaian dan keselamatan negara lain,” kata Kishida saat berbicara tentang tinjauan armada internasional Jepang, Minggu,6 November 2022.

Pernyataan Kishida itu datang saat Tokyo sedang menyusun rencana keamanan yang mungkin menyerukan penggandaan pengeluaran pertahanan negara dalam waktu lima tahun. Hal Itu akan mewakili perubahan besar di Jepang, di mana konstitusi pasifis membatasi kapasitas militernya.

Susunan Pemain Indonesia Vs Jepang di Uber Cup, Gregoria Mariska Lawan Akane Yamaguchi

Ilustrasi militer Jepang.

Photo :

"Kami akan mempercepat diskusi realistis tentang apa yang diperlukan untuk membela rakyat kami dengan mempertahankan semua opsi yang ada," kata Kishida.

"Peningkatan (kapasitas angkatan laut Jepang) tidak bisa menunggu, termasuk pembangunan kapal angkatan laut baru, memperkuat kapasitas pertahanan rudal kami dan peningkatan kondisi kerja dan kompensasi untuk personel (militer) kami,” katanya.

Dia tidak menyebut nama China tetapi mengatakan bahwa lingkungan keamanan nasional di sekitar negara tersebut tumbuh lebih parah, termasuk Laut China Timur dan Laut China Selatan, di mana Beijing telah mengambil posisi tegas dalam sengketa teritorial dengan negara-negara termasuk Jepang.

Kishida menambahkan bahwa Jepang akan memastikan transparansi pengeluaran militernya. "Jepang akan mempertahankan cara kami sebagai negara pasifis seperti yang telah kami lakukan sejak akhir (Perang Dunia II)."

Tinjauan armada mengumpulkan kapal-kapal dari Jepang dan 12 negara lain, termasuk Australia, India, dan Amerika Serikat (AS) di Teluk Sagami, Tokyo selatan.

Korea Selatan juga mengambil bagian atau langkah konkret untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, ketika Tokyo dan Seoul berusaha untuk memperbaiki hubungan yang tegang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya