Ledakan di Jantung Kota Istanbul Turki, 6 Tewas 81 Luka-luka

Aparat mengevakuasi korban ledakan bom di pusat kota Istanbul, Turki
Sumber :
  • Ismail Coskun/IHA via AP

VIVA Dunia – Sebuah ledakan bom mengguncang di jantung kota Istanbul, Turki, pada Minggu, 13 November 2022, menewaskan enam orang, melukai puluhan orang dan membuat kepanikan orang yang tengah berada di sekitar kafe dan toko di pusat kota Istanbul. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Ledakan terjadi di Istiklal Avenue, jalan raya yang populer dan dipenuhi toko dan restoran yang mengarah ke Taksim Square yang ikonik. Dalam video yang diposting online, ledakan keras terdengar dan kilatan terlihat saat pejalan kaki berbalik dan melarikan diri.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut ledakan itu sebagai serangan bom dan mengatakan para pelakunya akan dihukum. Dia tidak mengatakan siapa yang berada di balik serangan itu, tetapi menyebut ledakan itu  merupakan serangan teror.

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/HO-Presidential Press Office

Erdogan, yang berangkat hari Minggu ke KTT G20 di Indonesia, mengatakan enam orang dilaporkan tewas. Wakil Presiden Fuat Oktay menyebutkan jumlah korban luka menjadi 81, dengan dua orang dalam kondisi serius, dan juga mengatakan itu merupakan serangan teroris.

Setiap 10 Menit Satu Anak Terbunuh di Gaza, Menurut Laporan UNRWA

"Upaya-upaya untuk mengambilalih Turki dengan terorisme tidak akan berhasil," kata Erdogan dilansir Associated Press, Senin. Dia menegaskan petugas keamanan dan kesehatan segera mengevakuasi korban segera setelah insiden tersebut.

Ledakan pada hari Minggu di Kota Istanbul menjadi pengingat atas kecemasan dan masalah keamanan yang mengintai penduduk Turki selama bertahun-tahun ketika serangan serupa sering terjadi. 

Negara itu dilanda serangkaian pemboman mematikan antara 2015 dan 2017, beberapa oleh kelompok Negara Islam, yang lain oleh militan Kurdi yang menginginkan peningkatan otonomi atau kemerdekaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Erdogan telah memimpin tindakan keras terhadap para militan serta anggota parlemen dan aktivis Kurdi. Di tengah meroketnya inflasi dan masalah ekonomi lainnya, kampanye anti-terorisme Erdogan menjadi fokus utama Erdogan menjelang pemilihan presiden dan parlemen tahun depan.

Polisi berjaga-jaga di lokasi ledakan bom di pusat kota Istanbul, Turki

Photo :
  • AP Photo/Can Ozer

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan kepada penyiar pro-pemerintah A Haber bahwa penyelidik memusatkan perhatian pada seorang wanita yang duduk di bangku dekat lokasi ledakan selama sekitar 40 menit.

Ledakan itu terjadi hanya beberapa menit setelah dia pergi. Dia mengatakan identitasnya belum jelas, juga tidak jelas kelompok apa yang berada di balik serangan itu.

Seorang manajer sebuah restoran di dekat tempat bom meledak mengatakan dia mendengar ledakan itu dan melihat orang-orang berlarian. Puluhan pelanggan di dalam restorannya, termasuk wanita dan anak-anak, panik dan menjerit.

Manajer restoran yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan dia menutup jendela restorannya, takut akan ada ledakan lagi, dan mencoba menenangkan pelanggan. 

Setelah sekitar 15 hingga 25 menit di dalam, dia melihat polisi di jalan dan mengatur pelanggan dan stafnya untuk pergi mengevakuasi diri.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya