Detik-detik Mengerikan Pesawat Adu Banteng dengan Truk Damkar

Pesawat Latam Airlines tabrakan dengan mobil pemadam kebakaran di Peru
Sumber :
  • FB

VIVA Dunia – Pesawat LATAM Airlines yang lepas landas dari bandara internasional Lima, Peru, menabrak sebuah truk pemadam kebakaran di landasan pacu dan terbakar pada hari Jumat, 18 November 2022. Pihak berwenang mengatakan penumpang dan awak pesawat semuanya selamat, tetapi dua petugas pemadam kebakaran di dalam truk tewas.

Rekaman CCTV Detik-detik Bus Kuning UI Sebelum Tabrakan dengan Mobil HR-V

Lima Airport Partners, perusahaan yang mengoperasikan Bandara Internasional Jorge Chavez, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa operasi di fasilitas tersebut telah ditangguhkan. Ada 102 penumpang dan enam anggota awak di dalam Airbus A320neo.

"Tim kami memberikan perawatan yang diperlukan untuk semua penumpang, yang dalam kondisi baik," kata perusahaan itu dilansir Associated Press, Sabtu.

Terungkap, Pengemudi Mobil Putih Tabrak Bus Kuning Ternyata Mahasiswa UI

Luis Ponce La Jara, komandan umum pemadam kebakaran, mengatakan dua petugas pemadam kebakaran tewas dan satu terluka, ketika truk yang mereka tumpangi ditabrak pesawat. Baik pesawat dan truk pemadam kebakaran sedang bergerak saat bertabrakan.

Mobil HRV Mahasiswa UI Diduga Ngebut Sebelum Tabrak Bis Kuning

Presiden Peru Pedro Castillo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga petugas pemadam kebakaran dalam sebuah tweet.

LATAM Airlines menyesalkan kematian petugas pemadam kebakaran dan akan memberikan fleksibilitas untuk memprogram ulang penerbangan ke penumpang yang terkena dampak tanpa biaya tambahan. Namun pihaknya tidak mengetahui mengapa truk pemadam kebakaran itu berada di landasan.

"Tidak ada keadaan darurat yang dilaporkan dalam penerbangan. Itu adalah penerbangan yang dalam kondisi optimal untuk lepas landas, memiliki otorisasi untuk lepas landas dan menabrak sebuah truk di landasan pacu, dan kami tidak tahu apa yang dilakukan truk itu di sana," kata Manuel van Oordt, manajer umum LATAM Airlines Peru. 

"Kita harus menyelidiki dan menetapkan mengapa itu ada di sana," sambungnya

Maskapai Latam Airlines tabrakan dengan mobil pemadam kebakaran di Peru

Photo :
  • FB Aviation Knowledge

Kantor Kejaksaan di Callao, di mana bandara itu berada, mengatakan penyelidikan atas penyebab kecelakaan itu telah dibuka. Menurut petugas pemadam kebakaran, insiden itu terjadi pukul 15:25 waktu setempat. Saat itu ada empat unit penyelamat dikerahkan.

Penerbangan LA2213 lepas landas dari bandara utama Lima dalam perjalanan ke kota Juliaca di Peru.

Video di media sosial menunjukkan asap keluar dari pesawat besar di landasan.

Otoritas penerbangan mengatakan operasi di Bandara Internasional Jorge Chavez ditangguhkan hingga pukul 1 siang. Sabtu waktu setempat. Sementara itu, penerbangan akan dialihkan ke bandara lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya