Rusia Ungkap Pesawat NATO Pernah Berupaya Melintasi Perbatasannya Secara Ilegal

VIVA Militer: Ilustrasi pesawat tanpa awak (drone) tempur
Sumber :
  • IBTimes India

VIVA Dunia – Gubernur kota Pskov, Mikhail Vedernikov, mengatakan bahwa pesawat tak berawak NATO mencoba melintasi perbatasan kawasan itu sebelum invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022 lalu.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Melansir dari Newsweek, Senin, 28 November 2022, Pskov adalah sebuah kota di Rusia barat dan berbatasan langsung dengan anggota NATO yakni Latvia dan Estonia.

“Kami tidak pernah berbicara secara luas tentang ini, tetapi ada upaya untuk melintasi perbatasan kami secara ilegal dengan pesawat tak berawak militer dan pesawat lainnya sebelum dimulainya operasi militer khusus, dan jelas situasinya," kata Vedernikov pada hari Sabtu, 26 November 2022.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)

Photo :
  • atlanticcouncil.org

Dia melanjutkan bahwa wilayah Pskov berbatasan dengan tiga negara bagian, dua di antaranya bagian dari blok NATO.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Hari ini mereka suka berbicara tentang bagaimana aliansi tersebut telah mencari koeksistensi damai dengan kami, tetapi Pskov juga telah berulang kali mengalami hal ini. Ketetanggaan dari NATO."

Gubernur Pskov itu tidak memberikan rincian tentang operasi drone NATO di perbatasan Rusia atau bagaimana Kremlin menanggapi upaya tersebut.

Laporan serupa tentang NATO yang melakukan operasi di dekat wilayah itu telah dibuat sebelum invasi Rusia. Moskow juga telah berulang kali melaporkan pelacakan dan intersepsi drone NATO dan pesawat pengintai yang ditemukan di sekitar kawasan itu, menurut laporan media Sputnik News.

Ketegangan antara Rusia dan negara-negara NATO telah lama meningkat. Awal tahun ini, pasukan dari anggota blok itu bersama dengan pasukan Ukraina, berpartisipasi dalam latihan militer yang direncanakan untuk menyatukan lebih dari 15.000 tentara dari 10 negara, saat tentara Putin terus melancarkan serangan di Ukraina.

Ketegangan antara Rusia dan negara-negara Barat meningkat lagi ketika Finlandia mengumumkan komitmen publiknya untuk keanggotaan NATO.

Sementara itu, Swedia mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka juga berencana untuk bergabung dengan organisasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya