Iran Sebar Ribuan Mata-mata Awasi Timnas di Piala Dunia Kontra AS

Timnas Iran di Piala Dunia Qatar 2022
Timnas Iran di Piala Dunia Qatar 2022
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Dunia – Sebanyak ribuan personil telah direkrut dari pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) untuk memata-matai tim nasional mereka di ajang Piala Dunia Qatar 2022, jelang pertandingan kontra timnas Amerika Serikat (AS) hari ini, Selasa, 29 November 2022.

Sumber yang dikutip CNN Internasional, mengatakan mereka telah beroperasi di Qatar selama Piala Dunia, untuk memantau dengan cermat para pemain Timnas Iran. Para pemain timnas dilarang berinteraksi dengan skuad negara lain. Mereka juga tidak diizinkan bertemu orang asing di luar urusan Piala Dunia.

"Ada sejumlah besar petugas keamanan Iran di Qatar yang mengumpulkan informasi dan memantau para pemain," kata sumber tersebut dilansir CNN, Selasa, 29 November 2022.

Pada pertandingan sebelumnya melawan Wales, rezim Iran mengirim lebih dari ratusan mata-mata yang membaur bersama para suporter lain. Mereka hadir di stadion seolah memberikan dukungan dan layaknya suporter timnas. 

Suporter wanita Iran menunjukkan kaos dengan nama Mahsa Amini

Suporter wanita Iran menunjukkan kaos dengan nama Mahsa Amini

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

"Untuk pertandingan berikutnya melawan AS, rezim berencana untuk secara signifikan meningkatkan jumlah aktor (mata-mata) menjadi ribuan," kata sumber tersebut.

Diketahui, Timnas Iran akan bertanding melawan Timnas AS dalam laga terakhir fase penyisihan Grup B pada Selasa hari ini. Pada laga kontra Wales, Timnas Iran berhasil unggul dengan skor 0-2.  

Halaman Selanjutnya
img_title