Putin Larang Warga Rusia Demo di Gedung Pemerintah Hingga Objek Vital

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Kremlin Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperluas daftar tempat-tempat, di mana protest atau aksi demonstrasi tidak boleh diadakan. Tempat yang dilarang Putin tersebut meliputi, universitas, rumah sakit, gedung pemerintah, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bahkan gereja.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Orang Rusia tidak dapat lagi memprotes di sekitar gedung otoritas publik dan wilayah yang berdekatan, bandara, stasiun kereta api, bus, pelabuhan, di gedung dan di lapangan universitas, sekolah dan rumah sakit, dan di area di mana gereja dan bangunan lainnya berada.

Melansir dari Pravda, Selasa, 6 Desember 2022, larangan tersebut juga berlaku untuk wilayah yang berdekatan dengan fasilitas infrastruktur vital, khususnya yang menjamin berfungsinya jaringan listrik, pemanas, air dan gas.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Aksi demonstrasi menentang Presiden Rusia Vladimir Putin.

Photo :
  • Engadget

Selain itu, setiap oblast sekarang dapat memberlakukan larangannya sendiri terhadap tempat-tempat protes dan demonstrasi jika tindakan seperti itu dianggap mengganggu atauberbahaya. 

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Ini karena ciri-ciri sejarah, budaya, atau tujuan lain dari entitas konstituen Federasi Rusia," ujarnya.

Sebelumnya, satu-satunya tempat di mana protes dilarang di Rusia adalah di luar gedung kediaman presiden, pengadilan, layanan darurat, dan lembaga Layanan Pemasyarakatan Federal.

Kemudian, pada tanggal 30 November, Dewan Federasi Federasi Rusia menyetujui undang-undang yang melarang protes di luar gedung otoritas publik, gereja, stasiun kereta api, dan sekolah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya