Kim Jong Un Pimpin Rapat Besar Jelang Tutup Tahun, Ini yang Dibahas

Kim Jong Un.
Sumber :
  • Times of india

VIVA Dunia – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memulai pertemuan penting Partai Buruh yang berkuasa untuk mengumumkan keputusan kebijakan besar yang menandai Tahun Baru. Menurut media pemerintah, pertemuan itu diadakan pada hari Senin, 26 Desember 2022, di tempat yang sering dia gunakan untuk mengumumkan keputusan atau kebijakan baru.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

"Rapat Pleno Besar Keenam Komite Sentral ke-8 Partai Buruh Korea (WPK) diadakan pada hari Senin," kata kantor berita resmi KCNA, dikutip dari VOA, Selasa, 27 Desember 2022.

Pertemuan partai dan pejabat pemerintah selama berhari-hari menandai penutupan satu tahun, ketika negara yang terisolasi itu menembakkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM).

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Ketegangan baru berkobar pada hari Senin ketika lima pesawat tak berawak Korea Utara menyeberang ke Korea Selatan. Karena hal tersebut, Korea Selatan mendorong untuk mengerahkan jet tempur dan menyerang helikopter, serta melepaskan tembakan untuk mencoba menembak jatuh drone Korea Utara.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • Lowy Institute
Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Kim juga menghadapi tantangan ekonomi yang meningkat di tengah sanksi internasional atas program senjatanya, dampak dari lockdown anti-virus corona, dan bencana alam.

Dalam rapat tersebut, para peserta menyepakati lima agenda besar antara lain review implementasi kebijakan utama dan APBD tahun 2022, serta rencana kerja dan RAPBN tahun 2023.

Kim mempresentasikan laporan rinci tentang bagaimana kekuatan negara telah meningkat secara luar biasa di semua bidang politik, militer, ekonomi dan budaya, serta keberhasilan dan kemajuan telah dibuat dalam melaksanakan tugas-tugas besar, melalui perjuangan berat dan sengit yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini.

“Dia menekankan perlunya menyusun kebijakan perjuangan yang lebih menggairahkan dan percaya diri berdasarkan fakta-fakta berharga yang mencapai kemajuan praktis sambil bertahan dalam semua kesulitan," kata laporan media pemerintah.

Laporan tersebut menetapkan tujuan utama untuk tahun 2023 di sektor-sektor utama termasuk logam, kimia, listrik, konstruksi, pertanian, dan industri ringan, tambahnya.

Media pemerintah Korea Utara sebelumnya merilis pidato pemimpinnya pada Hari Tahun Baru, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, Kim telah mengadakan pertemuan partai di akhir tahun untuk membuat pengumuman kebijakan besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya