Gawat, Warga Lanjut Usia Pemakai Ganja di California Naik 1.800 Persen

Ilustrasi orang tua yang mengonsumsi ganja
Sumber :
  • New York Post

VIVA Dunia – Ada lonjakan jumlah warga lanjut usia yang menjadi pasien UGD rumah sakit di California, AS karena penggunaan ganja. Para ahli mengatakan itu sebagian karena para "boomer" itu terkejut saat mengetahui begitu kuatnya pengaruh ganja pada tahun 2023.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sebuah studi baru dari University of California San Diego mengungkapkan peningkatan 1,808% yang menakjubkan dalam kunjungan ruang gawat darurat terkait ganja di antara warga California berusia 65 tahun ke atas dari 2005 hingga 2019.

"Ini meresahkan," kata Dr. Michael D. Levine, direktur toksikologi medis di UCLA Health, kepada New York Post. “Ini sesuai dengan peningkatan tren narkoba secara keseluruhan dan peningkatan penggunaan ganja selama dekade terakhir. Dan saya pikir itu bermasalah karena berbagai alasan." lanjutnya. 

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Di Klinik Toksikologi Kesehatan UCLA di Los Angeles, di mana Levine telah merawat banyak pasien lanjut usia dengan gangguan ganja, beberapa dari mereka bahkan sangat "tinggi" sehingga mereka bahkan tidak menyadari mengapa mereka datang ke dokter. "Misalnya, yang ada di atas rumah cucunya yang makan brownies, tidak menyadari bahwa itu adalah brownies ganja," cerita Levine.

Ilustrasi orang tua yang mengonsumsi ganja

Photo :
  • New York Post
Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Orang lanjut usia tersebut tanpa disadari, yang melaporkan merasa pusing dan dibius, akhirnya menjalani MRI dan CT scan untuk memeriksa apakah ia terkena stroke atau tanda-tanda awal demensia, yang berpuncak dengan tagihan ruang gawat darurat yang lumayan, kata Levine. Berkali-kali, dia menambahkan, “Mereka pusing dan muntah dan tidak jelas (mengapa). Ternyata karena ganja," ungkap Levine. 

Pengguna mariyuana lanjut usia juga secara teratur melaporkan kebingungan atau menderita jatuh yang parah, kata Levine. Jumlah yang lebih tinggi dari tetrahydrocannabinol, atau THC, senyawa psikoaktif dalam ganja. 

“Banyak orang lanjut usia yang menggunakan marijuana ketika mereka remaja atau berusia 20-an di tahun 1960-an telah mencoba menggunakannya sekarang dan potensi THC jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” lanjut Levine. "Jadi, itu bukan ganja yang sama seperti yang biasa mereka gunakan."

Ganja yang saat ini dibudidayakan dan dijual mengandung THC tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan level 25 tahun lalu, menurut Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan. “Semakin tinggi jumlah THC, semakin kuat efeknya pada otak dan kemungkinan berkontribusi pada peningkatan tingkat kunjungan ruang gawat darurat terkait mariyuana,” tulis situs web tersebut.

Ilustrasi orang tua yang mengonsumsi ganja

Photo :
  • New York Post

Penggunaan ganja juga "terkait dengan peningkatan risiko psikosis, delirium, paranoia dan gejala kejiwaan akut lainnya," menurut data yang dikutip oleh studi 15 tahun yang diterbitkan Senin di Journal of American Geriatrics Society.

Semakin banyak negara bagian, yaitu 21 negara bagian, ditambah Distrik Columbia, telah melegalkan ganja rekreasi dalam jumlah kecil. Penjualan pun di fasilitas berlisensi negara dimulai Selasa di Connecticut, dan toko legal pertama di New York dibuka di Manhattan pada 29 Desember lalu. 

Kunjungan gawat darurat terkait ganja (UGD) di California untuk pasien berusia 65 tahun ke atas meningkat tajam antara 2013 dan 2017 sebelum mendatar setelah penerapan Proposisi 64, yang melegalkan penggunaan, penjualan, dan penanaman ganja rekreasi pada akhir 2016.

“Oleh karena itu, ketersediaan ganja rekreasi tampaknya tidak berkorelasi dengan tingkat peningkatan kunjungan (UGD) terkait ganja yang lebih tinggi di antara orang tua,” demikian temuan studi tersebut. “Namun, tingkat (UGD) yang tinggi di antara orang dewasa yang lebih tua dengan komorbiditas tinggi memprihatinkan karena kanabis telah dikaitkan dengan efek jantung, pernapasan, dan kejiwaan yang akut.”

Ilustrasi ganja.

Photo :
  • yahoo news

Dr Asma Jafri, ketua kedokteran keluarga di UC Riverside, mengatakan dia merawat pasien lanjut usia yang melaporkan merasa sangat paranoid atau gelisah setelah merokok, menguap atau mengonsumsi mariyuana. Sementara yang lain, berbicara dengan tidak jelas atau membuat pernyataan yang tidak pantas, yang membuat ia harus mendapat perawatan medis, katanya.

Di New York, di mana anggota parlemen menyetujui ganja untuk penggunaan pribadi pada tahun 2021, kunjungan UGD untuk diagnosis terkait ganja untuk pasien berusia 65 tahun ke atas melonjak dari 10 pada tahun 2011 menjadi 162 pada tahun 2019, meningkat 1.520%, menurut data Departemen Kesehatan yang diperoleh oleh Pos.

Lonjakan itu “mungkin tampak besar,” pejabat lembaga mengakui, tetapi mencatat hanya 10 kunjungan yang dihitung pada tahun dasar 2011.

Di Colorado, di mana ganja rekreasi dilegalkan pada tahun 2014 bersama dengan Washington, negara bagian pertama yang melakukannya, tingkat pemulangan rumah sakit untuk manula dengan kode tagihan terkait ganja adalah 52,3 % per 100.000 pasien pada tahun 2011. Angka itu hampir tiga kali lipat menjadi 154,2 pada tahun 2021, menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Colorado.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya