Fakta-fakta Helikopter Super Puma Jatuh di Ukraina Tewaskan Mendagri

Sebuah kecelakaan helikopter di kota Brovary wilayah Kiev, Ukraina pada Rabu menewaskan 18 orang, termasuk menteri dalam negeri negara.
Sumber :
  • AP Photo/Daniel Cole.

VIVA Dunia – Kecelakaan helikopter menewaskan Menteri Dalam Negeri Ukraina dan belasan orang lainnya di luar ibukota, Kiev, pada hari Rabu, 18 Januari 2023.

Mendagri Lantik 5 Penjabat Gubernur, Banten hingga Sulsel

Kecelakaan itu terjadi empat hari setelah rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen di tenggara kota Dnipro, Ukraina, dan menewaskan puluhan warga sipil, termasuk enam anak-anak.

Serangan itu disebut sebagai serangan yang paling mematikan bagi warga sipil sejak musim semi.

Ini Empat Warga Sultra yang Terluka Tertimpa Pohon saat Helikopter Jokowi Mendarat

Dilansir dari AP, Kamis, 19 Januari 2023, pihak berwenang terus mengidentifikasi sisa-sisa dari kecelakaan itu dan memperingatkan bahwa jumlah korban tewas bisa bertambah.

Berikut fakta mengenai jatuhnya helikopter yang menewaskan Mendagri Ukraina:

Putin Bertemu Xi Jinping, Perang Ukraina Jadi Topik Diskusi

1. Penumpang-Kru Helikopter Semua Tewas

Kecelakaan helikopter itu menewaskan semua penumpang dan kru helikopter, serta korban lainnya yang berada di lokasi jatuhnya helikopter di Brovary, pinggiran timur ibu kota Ukraina.

Sembilan orang di dalam helikopter semua tewas, yakni Menteri Dalam Negeri Denys Monastyrsky dan empat pejabat kementerian lainnya, termasuk wakil Monastyrsky, Yevhen Yenin, dan Sekretaris Negara Kementerian Dalam Negeri Yurii Lubkovych, seorang pejabat polisi nasional dan tiga anggota awak pesawat.

Para pejabat itu diduga ingin melakukan penerbangan ke wilayah Kharkiv timur, laut Ukraina. Korban tewas menurut Presiden Volodymyr Zelensky berjumlah 15 orang, termasuk Mendagri Ukraina

2. Helikopter Jatuh Menimpa Taman Kanak-kanak

Helikopter yang membawa Mendagri Ukraina jatuh menimpa bangunan TK

Photo :
  • AP Photo/Daniel Cole

Helikopter milik Layanan Darurat Negara terjatuh di dekat taman kanak-kanak dan bangunan rumah tinggal di pinggiran timur Brovary, Kyiv. Seorang anak di taman itu juga tewas, dan sedikitnya 25 orang terluka, termasuk 11 anak-anak.

Kepala Kepolisian Nasional Ihor Klymenko mengatakan melalui Telegram bahwa jatuhnya helikopter itu menewaskan 16 orang, sembilan diantaranya adalah penumpang helikopter, termasuk Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrskyi, wakil menteri Yevhen Yenin, dan Sekretaris Negara Kemendagri Yurii Lubkovych.

Klymenko juga mengatakan: "22 korban, termasuk 10 anak-anak, berada di rumah sakit. Semua layanan khusus bekerja di lokasi. Pemeriksaan di tempat kejadian sedang berlangsung,"

3. Helikopter Dalam Perjalanan ke Medan Perang

Heli Super Puma SA330

Photo :
  • militaryfactory.com

Pejabat senior Ukraina diketahui rutin melakukan perjalanan dengan helikopter di ketinggian rendah dan kecepatan tinggi selama konflik. Rombongan Mendagri Ukraina itu terbang dengan helikopter untuk mengunjungi wilayah Kharkiv timur laut Ukraina.

Kecelakaan itu terjadi pada periode yang sangat gelap dalam perang untuk Ukraina, hanya beberapa hari setelah serangan Rusia di gedung apartemen di tenggara Ukraina menewaskan 45 orang, termasuk enam anak dan serangan paling mematikan terhadap warga sipil sejak musim semi.

Wakil kepala staf presiden Ukraina, Kyrylo Tymoshenko, mengatakan helikopter itu menuju medan perang di Kharkiv. "Tujuan penerbangan helikopter untuk melakukan pekerjaan di salah satu titik panas di negara kami, tempat di mana pertempuran sengit berlangsung," kata Tymoshenko 

Dinas Keamanan Ukraina sedang menyelidiki "semua versi yang mungkin" dari kecelakaan itu, kata jaksa agung Andriy Kostin di Telegram. 

4. Zelensky Perintahkan Investigasi

Pidato Presiden Volodymyr Zelensky di World Economic Forum, Davos

Photo :
  • AP Photo/Markus Schreiber

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan duka cita atas kecelakaan helikopter di Brovary yang menewaskan Menteri Dalam Negeri Denys Monastyrskyy dan belasan orang lainnya. Zelensky memerintakan dinas keamanan Ukraina dan polisi nasional untuk menyelidiki penyebab jatuhnya helikopter yang menimpa gedung taman kanak-kanak.

"Ini adalah tragedi yang mengerikan," tulisnya di Telegram seperti dilansir AP, Rabu 18 Januari 2023. 

"Di antara korban tewas adalah Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrskyy, wakil pertamanya Yevhen Yenin, Sekretaris Negara Kementerian Dalam Negeri Yuri Lubkovych, asisten mereka dan awak helikopter," ujar Zelensky. 

Kecelakaan itu terjadi pada periode yang sangat gelap dalam perang untuk Ukraina, hanya beberapa hari setelah serangan Rusia di gedung apartemen di tenggara Ukraina menewaskan 45 orang, termasuk enam anak - serangan paling mematikan terhadap warga sipil sejak musim semi.

"Denys, Yevhen, Yuri, tim Kementerian Dalam Negeri… patriot sejati Ukraina. Semoga mereka beristirahat dalam damai! Semoga semua orang yang nyawanya diambil pada pagi yang kelam ini beristirahat dalam damai," kata Zelensky.

5. Tuding Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky angkat bicara terkait jatuhnya helikopter yang membawa para pejabat Ukraina, pada Rabu, 18 Januari 2023. Dalam pernyataannya, Zelensky mengindikasi bahwa insiden itu bukan kecelakaan biasa. 

Berbicara melalui Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, presiden Ukraina itu mengatakan kecelakaan tersebut memiliki hubungan luas dengan perang.

"Ini bukan kecelakaan, ini disebabkan perang dan perang memiliki banyak dimensi, tidak hanya di medan perang," katanya setelah meminta hadirin Davos untuk mengheningkan cipta untuk menghormati mereka yang tewas.

"Tidak ada kecelakaan di masa perang. Ini semua adalah hasil perang," tambahnya, dikutip dari AP, Kamis, 19 Januari 2023.

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya