Menlu AS Bertemu Presiden Palestina, Bahas Ketegangan dengan Israel

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken saat mengunjungi Indonesia
Sumber :
  • Kemenlu RI

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, tiba di kota Ramallah di Tepi Barat, pada Selasa, 31 Januari 2023. Kunjungan Blinken tersebut bertujuan untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Sebagai informasi, kunjungan itu merupakan bagian terakhir dari tur regional Blinken yang juga mencakup Israel dan Mesir. Diplomat top AS tersebut didampingi oleh sejumlah pejabat Amerika selama kunjungan ke Palestina, termasuk George Noll kepala Unit Urusan Palestina di Kedutaan Besar AS di Yerusalem, Barbara Leaf Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Timur Tengah, Hady Amr Perwakilan Khusus untuk Urusan Palestina, dan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.

Dilansir dari Middle East Monitor, Rabu, 1 Februari 2023, menjelang kedatangan Blinken, kantor berita Palestina, Wafa, menerbitkan foto-foto Abbas saat bertemu dengan Kepala Intelijen Mesir, Abbas Kamel, dan Direktur Intelijen Yordania, Ahmad Hatuqai. Namun penyiar itu tidak memberikan perincian tentang isi pertemuan Abbas dengan para pejabat intelijen.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

bendera Palestina

Photo :
  • Brahim Guedich/Wikimedia

Pada Senin, 30 Januari 2023, Blinken meminta Israel dan pihak Palestina untuk mengambil langkah-langkah konkret untuk meredakan ketegangan dari kedua belah pihak. Kunjungan Blinken dilakukan di tengah meningkatnya kekerasan di wilayah Palestina menyusul operasi militer Israel di kota Jenin yang menewaskan sedikitnya 10 warga Palestina pada Kamis lalu, 27 Januari 2023.

Brigade Tank Tempur Israel Kuasai Perbatasan Gaza dan Mesir

Setelah operasi tersebut, dua penembakan terjadi di Yerusalem dan merenggut nyawa tujuh orang Israel.

Perkemahan di Oxford dan Cambridge (Doc: MEMO)

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Mahasiswa, pengajar, dan staf komunitas Universitas Oxford dan Cambridge mendirikan perkemahan 'Zona Pembebasan' di kampus mereka pada Selasa pagi, 7 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024