Update Gempa di Turki dan Suriah: Korban Meninggal Bertambah Jadi 4.600 Jiwa

Gempa Bumi berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang sebagian besar Turki dan Suriah, pada Senin pagi, 6 Februari 2023.
Sumber :
  • AP Photo.

VIVA Dunia – Korban meninggal akibat gempa di Turki dan Suriah kembali bertambah pada Selasa, 7 Februari 2022, menjadi 4.600 jiwa, setelah ratusan gedung di wilayah perbatasan negara itu hancur akibat gempa berkekuatan 7,8 skala richter (SR).

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Negara-negara di seluruh dunia mengirim tim untuk membantu upaya penyelamatan, tetapi upaya penyelamatan mereka terhambat oleh suhu yang sangat dingin. Sejauh ini terjadi hampir 200 gempa susulan, yang membuat pencarian menjadi tidak stabil.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Photo :
  • Depo Photos via AP
Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Melansir dari AP, Selasa, 7 Februari 2023, Nurgul Atay, korban terdampak gempa mengatakan bahwa dia dapat mendengar suara ibunya di bawah puing-puing bangunan yang runtuh di kota Antakya, ibu kota Provinsi Hatay.

Namun, upayanya dan tim evakuasi untuk masuk ke reruntuhan itu sia-sia tanpa adanya alat berat untuk membantu.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Di seberang Provinsi Hatay, tepat di barat daya pusat gempa, para pejabat mengatakan sebanyak 1.500 bangunan hancur dan banyak orang melaporkan kerabat mereka terperangkap di bawah reruntuhan tanpa bantuan atau tim penyelamat datang.

Sebelumnya diwartakan, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa berkekuatan magnitudo 7,8  mengguncang Turki pada Senin, 6 Februari 2022. Gempa terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat, di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat kota Gaziantep.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya