Bak Isyarat, Anjing Ini Menggonggong Beberapa Jam Sebelum Gempa Turki

Anjing menggonggong sebelum terjadinya gempa magnitudo 7,8 di Turki
Sumber :
  • Tiktok

VIVA Dunia – Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Turki di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat Kota Gaziantep pada Senin, 6 Februari 2023 sekitar pukul 04:17 waktu setempat.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Di tengah kabar duka tersebut, media sosial dihebohkan dengan cuplikan video viral yang pertama kali diunggah akun TikTok straybeautiful sehari pasca gempa berlangsung.

Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada pada Senin 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.
Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Tampak dalam video berdurasi satu menit 30 detik tersebut seekor anjing liar berwarna putih sedang menggonggong di tanah lapang. Pemilik video mengatakan bahwa anjing tersebut menggonggong beberapa jam sebelum gempa melanda Turki.

Menurutnya, apa yang dilakukan hewan tersebut adalah sebuah peringatan bahwa akan ada bencana besar yang melanda tempat itu.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Anjing ini mencoba memberi peringatan tentang bahaya yang akan datang. Ini adalah hadiah dari tuhan untuk manusia, kita harus menghargainya,” demikian tulis akun straybeautiful dikutip Rabu 8 Februari 2023.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut laporan salah satu media Turki, KARAR.com, masyarakat sekitar mengatakan bahwa hewan peliharaan mereka dan hewan liar yang mereka temui di jalan terus menerus mengeluarkan suara sebelum terjadinya guncangan gempa.

Lebih lanjut, Spesialis Penyakit Dalam dan Psikologi Hewan Prof Tamer Dodurka mengatakan bahwa hal itu mungkin saja terjadi dikarenakan hewan, khususnya anjing dapat merasakan suara frekuensi rendah yang dihasilkan getaran kerak bumi.

“Perubahan kemiringan tanah, gelombang seismik dan bau berbagai gas yang dikeluarkan sebelum gempa dapat mereka rasakan dengan kemampuan penginderaannya. Bahkan diklaim itu dapat mengganggu dan membuat mereka tidak nyaman,” ujar Tamer dilansir dari hurriyet.com

Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada pada Senin 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.

Tamer mengatakan bahwa anjing dapat mendengar suara antara 20 ribu inga 80 ribu getaran per detik. Maka, tidak mengherankan jika getaran di bawah tanah terdengar oleh anjing sebelum mencapai tingkat yang dapat dirasakan manusia.

Hingga kini, video tersebut telah disaksikan lebih dari 28 juta pasang mata dan kolom komentar juga telah dipenuhi 24 ribu komen warganet. Beberapa warganet mengatakan itu hanya kebetulan saja, namun beberapa lagi menyebut hewan tahu apa yang akan terjadi.

“Mungkin itu hanya kebetulan, atau dia sedang lapar,” komentar warganet – “Saya sangat percaya hewan mendengar apa yang tidak kita dengar,” timpal warganet lain

“Ayah saya berkata, ‘perhatikan binatang, merka akan memberitahumu kapan bencana akan terjadi’” tulis warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya