Virus Marburg Kembali Mewabah di Afrika, WHO Sampai Buat Pertemuan Mendadak

Virus Marburg
Sumber :
  • WHO

VIVA Dunia – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengadakan pertemuan "mendesak" pada hari Selasa 14 Februari 2023, sebagai tanggapan atas wabah baru virus Marburg yang mematikan di Afrika.

Media Asing Prediksi Timnas Indonesia Bakal Kesulitan Lawan Guinea

Setidaknya sembilan orang telah dipastikan meninggal akibat wabah virus yang pertama kali terjadi di Guinea Khatulistiwa, mendorong pejabat WHO untuk bertemu, membahas kemajuan virus, vaksin dan pengobatan.

Virus Marburg adalah salah satu penyakit paling mematikan yang diketahui manusia. Ini menyebabkan demam berdarah dengan rasio kematian setinggi 88% jauh lebih mematikan daripada sepupunya yang lebih terkenal, virus Ebola, menurut WHO.

Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Guinea: Mereka Sangat Tangguh

WHO karantina para korban virus Marburg

Photo :
  • WHO

Seperti Ebola, penyakit ini ditularkan ke manusia dari kelelawar buah dan menyebar ke manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi dan permukaan seperti seprai atau pakaian, kata WHO.

Ada 3 Negara Guinea di Benua Afrika, Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea yang Mana?

“Marburg sangat menular. Berkat tindakan cepat dan tegas oleh otoritas Guinea Khatulistiwa dalam mengonfirmasi penyakit tersebut, tanggap darurat dapat dilakukan dengan cepat sehingga kami menyelamatkan nyawa dan menghentikan virus sesegera mungkin," kata Dr. Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika, melansir New York Post. 

Sampel dari Guinea Khatulistiwa dikirim ke laboratorium di Senegal untuk menentukan penyebab wabah setelah peringatan dari pejabat kesehatan setempat pekan lalu, kata WHO.

Sejauh ini, sembilan orang dari 16 kasus yang diduga telah meninggal, dengan gejala termasuk demam, kelelahan, diare dan muntah darah.

Gejala Virus Marburg

Virus Marburg

Photo :
  • WHO

Gejala yang menyakitkan berlangsung cepat, dan pasien biasanya mengalami gejala hemoragik parah dalam tujuh hari, kata WHO.

Setelah berhari-hari terinfeksi, pasien dideskripsikan menunjukkan ciri-ciri "mirip hantu", mata cekung, wajah tanpa ekspresi, dan kelesuan ekstrem. Kasus fatal biasanya melibatkan darah dalam muntahan dan tinja serta pendarahan dari hidung, gusi hingga vagina.

WHO mengatakan sedang mengirim ahli medis dan peralatan pelindung untuk membantu pejabat di Guinea Khatulistiwa untuk mengekang wabah tersebut agar tak "keluar". 

Di negara tetangga Kamerun, kasus yang dicurigai terdeteksi pada hari Senin di Olamze, sebuah komune di perbatasan dengan Guinea Khatulistiwa, dan negara tersebut membatasi pergerakan di wilayah tersebut.

“Pengawasan di lapangan telah diintensifkan,” kata George Ameh, perwakilan negara WHO di Guinea Khatulistiwa.

“Pelacakan kontak, seperti yang Anda tahu, adalah landasan respons. Kami telah mengerahkan kembali tim Covid-19 yang ada di sana untuk pelacakan kontak dan dengan cepat memasangnya kembali untuk benar-benar membantu kami,” kata Ameh.

Saat ini, tidak ada (atau belum) vaksin resmi atau pengobatan antivirus untuk virus Marburg, namun WHO mengatakan bahwa kelangsungan hidup dapat ditingkatkan dengan perawatan suportif seperti rehidrasi dengan cairan oral atau IV.

kelelawar terkecil

Photo :
  • U-Report

Sejumlah perawatan seperti produk darah, terapi imun dan obat serta kandidat vaksin sedang dievaluasi. 

“Kami sedang mengerjakan rencana respons 30 hari di mana kami harus dapat mengukur tindakan yang tepat dan mengukur kebutuhan yang tepat,” kata Ameh.

Marburg membunuh 90% dari 252 orang yang terinfeksi dalam wabah tahun 2004 di Angola. Tahun lalu, ada dua laporan kematian Marburg di Ghana.

Virus langka ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1967 setelah menyebabkan wabah penyakit secara bersamaan di laboratorium di Marburg, Jerman dan Beograd, Serbia. Tujuh orang yang terpapar virus saat melakukan penelitian terhadap monyet meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya