Proteo, Anjing Heroik yang Tewas saat Jalankan Misi Penyelamatan di Turki

Proteo, Anjing yang Pelacak Tewas di Turki
Sumber :
  • VIVA

VIVA Dunia – Sebuah kisah memilukan terjadi di tengah musibah gempa Turki. Pasca gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Turki, para petugas melakuan penyelamatan dan mengevakuasi para korban gempa tersebut.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Tak hanya tim penyelamat dari Turki, petugas penyelamat dari berbagai negara pun ikut serta membantu. Seperti relawan yang datang dari Meksiko ini.

Para relawan penyalamat Meksiko tersebut juga mengerahkan pelacak anjing-anjing untuk mendeteksi para korban gempa yang masih berada di reruntuhan.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Proteo, Anjing yang Pelacak Tewas di Turki

Photo :
  • Istimewa

Nahasnya, satu dari pelacak anjing-anjing yang dikerahkan mengalami kejadian tragis. Ketika menjalankan misinya mencari korban gempa Turki, anjing pelacak tersebut tewas tertimpa rentuhan.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Anjing pelacak asal Meksiko yang telah berjasa membantu korban gempa Turki tersebut bernama Proteo. Sebelum tewas, Proteo andil dalam misi penyelamatan korban gempa Turki selama berhari-hari. Hingga akhirnya Proteo kehilangan nyawanya saat mencari korban gempa Turki pada, 12 Februari 2023.

Kini, kisah pilu tewasnya Proteo di tengah misinya membantu korban gempa Turki tersebut menarik simpati publik.

Kisah, Proteo yang memilikan tersebut dibagikan dalam thread akun Twitter @NdrewsTjan. Akun Twitter tersebut mengungkapkan kisah pilu Proteo kehilangan nyawa karena tertimpa reruntuhan saat mencari korban gempa Turki.

Tak hanya itu, akun Twitter tersebut juga membagikan video poster ucapan terima kasih untuk Proteo hingga ditonton lebih dari 1,2 juta. Sedikitnya, Proteo adalah satu di antara anjing pelacak dari anggota Tentara dan Angkatan Udara Meksiko.

Ucapan terima kasih tersebut sebagai bentuk penghormatan atas jasa Proteo yang ikut andil dalam misi penyalamatan di Turki. Para petugas penyelamat lainnya pun menganggap misi Proteo sebagai aksi heroik atas kinerjanya.

Proteo, Anjing yang Pelacak Tewas di Turki

Photo :
  • VIVA

Selain itu, detik-detik Proteo tertimpa reruntuhan gempa begitu memilkukan. Meski sempat mendapat perawatan dari tim rescue, nyawa Proteo anjing pelacak yang tengah melakukan misi mancari korban gempa Turki itu pun tidak bisa diselamatkan.

Kini, kisah pilu Proteo menarik simpati warganet. Tak sedikit warganet juga memberikan ucapan terima kasih sebagai penghormatan terakhir untuk Proteo, anjing pelacak yang berjasa ikut andil dalam misi penyelamatan korban gempa Turki tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya