Al-Qaeda Punya Pemimpin Baru, Seorang Mantan Pasukan Khusus Mesir

Pemimpin baru Al Qaeda, Saif Al-Adel
Sumber :
  • Al Arabiya

VIVA Dunia – Saif al-Adel, seorang pria Mesir yang berbasis di Iran, telah menjadi kepala atau pemimpin Al-Qaeda setelah kematian Ayman al-Zawahiri pada Juli 2022, kata Departemen Luar Negeri AS, Rabu.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Al-Qaeda diisukan memang belum secara resmi menunjuk pengganti Ayman Al-Zawahiri, yang diyakini telah tewas dalam serangan rudal AS di Kabul tahun lalu, memberikan pukulan bagi organisasi tersebut sejak pendirinya Osama bin Laden terbunuh pada tahun 2011, melansir France 24.

Meskipun seorang pejabat intelijen AS mengatakan pada bulan Januari bahwa suksesi Zawahiri masih belum jelas, laporan PBB yang menilai risiko dari kelompok tersebut mengatakan bahwa dalam diskusi pada bulan November dan Desember, banyak Negara Anggota berpandangan bahwa Seif Al-Adel sudah beroperasi sebagai de facto dan pemimpin kelompok yang tidak terbantahkan.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Sail Al-Adel dan Ayman al-Zawahiri

Photo :
  • Arab News

"Penilaian kami sejalan dengan penilaian PBB, bahwa pemimpin baru de facto al-Qaeda, Saif al-Adel kini berbasis di Iran," kata seorang juru bicara departemen luar negeri.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dirilis Selasa mengatakan bahwa pandangan utama negara-negara anggota adalah bahwa Adel sekarang adalah pemimpin kelompok itu, "mewakili kesinambungan untuk saat ini."

Tetapi, kelompok tersebut belum secara resmi menyatakan dia sebagai “Emir" karena kepekaan terhadap keprihatinan otoritas Taliban di Afghanistan, yang tidak ingin mengakui bahwa Zawahiri telah terbunuh.

Selain itu, laporan PBB mengatakan, Islam Sunni Al-Qaeda sensitif terhadap isu Adel yang tinggal di sebagian besar Syiah Iran. "Lokasinya menimbulkan pertanyaan yang berkaitan dengan ambisi Al-Qaeda untuk menegaskan kepemimpinan gerakan global dalam menghadapi tantangan dari ISIL," kata laporan PBB, mengacu pada nama lain untuk kelompok Negara Islam saingan.

Adel yang diyakini berusia 62 tahun adalah mantan letnan kolonel pasukan khusus Mesir dan sosok penjaga lama Al-Qaeda.

Pemimpin baru Al Qaeda, Saif Al-Adel

Photo :
  • Al Arabiya

Dia membantu membangun kapasitas operasional grup dan melatih beberapa pembajak yang ambil bagian dalam serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, menurut Proyek Penanggulangan Ekstremisme AS.

Dia telah berada di Iran sejak 2002 atau 2003, pada awalnya di bawah tahanan rumah tetapi kemudian cukup bebas untuk melakukan perjalanan ke Pakistan, menurut Ali Soufan, mantan penyelidik kontra-terorisme FBI.

"Saif adalah salah satu tentara profesional paling berpengalaman dalam gerakan jihad di seluruh dunia, dan tubuhnya memiliki bekas luka pertempuran," tulis Soufan dalam artikel tahun 2021 untuk Jurnal CTC West Point Combating Terrorism Center.

"Ketika dia bertindak, dia melakukannya dengan efisiensi yang kejam," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya