Mengenang 1 Tahun Invasi Rusia ke Ukraina

Tank Rusia yang Dihancurkan Tentara Ukraina Dipamerkan di Polandia.
Sumber :
  • The Moscow Times/Wojtek Radwanski/AFP

VIVA Dunia – Mengenang invasi Rusia ke Ukraina, begitulah kata yang tepat untuk mengingat kembali satu tahun lalu, tepatnya di tanggal 24 Februari 2022, Rusia memulai invasinya ke Ukraina.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Sampai hari ini yang awalnya disebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai operasi militer khusus itu ternyata menjadi perang berkepanjangan yang kian berlarut-larut.

Tentara Ukraina membawa jenazah tentara yang tewas dalam perang melawan Rusia.

Photo :
  • AP Photo/Daniel Cole.
19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Saat itu, 24 Februari 2022 Rusia memulai dengan menyerang wilayah Ukraina bagian utara, timur dan selatan.

Operasi ini dilakukan Putin setelah Ukraina secara terang-terangan – rencana mengungkap rencana untuk bergabung dengan pakta pertahanan militer NATO, sayangnya tindakan yang dilakukan Ukraina dianggap sebagai ancaman bagi Rusia. Alasan inilah yang kemudian mendorong Putin untuk melakukan demiliterisasi dan denazifikasi untuk melindungi etnis Rusia.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Enam Bulan Pertama Invansi

Seminggu setelah invasi dilakukan, pada 2 Maret Rusia mengklaim kendali atas kota selatan Kherson kemudian meluas ke Zaporizhzhia, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, yang terbesar di Eropa.

Tak lama dari itu pada 16 Maret, Rusia kembali menyerang strategi pelabuhan Mariupol tempat warga sipil Ukraina berlindung, dalam serangan ini setidaknya ratusan orang dinyatakan tewas.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bahkan menyebut serangan Rusia adalah yang paling mematikan yang pernah menangani Ukraina.

Serangan tak berhenti sampai di situ, pada 9 April misil Rusia kembali menyerang sebuah stasiun kereta api di timur kota Kramatorsk, 52 warga sipil dilaporkan tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka.

Pertempuran keras berkecamuk tepat pada tanggal 13 April, Ukraina membalas serangan dengan menembakkan rudal hingga membuat kapal menjelajahi Moskva, kapal utama Armada Laut Hitam Rusia hancur dan tenggelam.

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia dari Grup Wagner

Photo :
  • osservatorioglobalizzazione.it

Pada 16 Mei, para pembela Ukraina di pabrik baja raksasa Azovstal menyerah kepada pasukan Rusia setelah dikepung selama hampir tiga bulan. Kejatuhan Mariupol menambah daftar panjang wilayah yang berhasil dikuasai Rusia.

Setelah empat bulan di invasi Rusia, sejumlah negara barat mulai mengirimkan banyak senjata ke Ukraina, termasuk beberapa peluncur roket HIMARS yang dipasok AS.

Pada 22 Juli, Rusia dan Ukraina untuk pertama kalinya menggelar mediasi dengan dijembatani Turki dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam mediasi itu Rusia membatasi untuk membuka akses pelabuhan Laut Hitam Ukraina agar pasokan biji-bijian dapat dikirimkan ke pasar global, dengan meningkatkan ancaman krisis pangan dunia dapat dicegah.

Pada 9 Agustus, ledakan dahsyat secara mengejutkan menghantam pangkalan udara di Krimea. Seminggu kemudian gardu listrik dan gudang amunisi milik pasukan Rusia dilaporkan hancur akibat serangan yang dilancarkan oleh pasukan Kyiv.

Perwira tinggi militer Ukraina mengungkap serangan yang dilakukan pasukannya merupakan balasan atas aneksasi atau penyerobotan wilayah yang dilakukan Moskow.

Enam Bulan Invasi Berkelanjutan

Tentara Rusia berbaris selama aksi mendukung invasi di Ukraina

Photo :
  • AP Photo/Alexandr Kulikov

Memasuki bulan ke tujuh, tepatnya tanggal 6 September, pasukan Ukraina kembali meluncurkan serangan balasan kejutan ke wilayah Kharkiv timur laut, serangan tersebut sukses memaksa mundur tentara Rusia dari Ukraina setelah beberapa bulan kawasan tersebut di tunggangi militer Moskow.

Kekalahan ini lantas memicu indikasi terkait adanya krisis persenjataan hingga kemunduran eskalasi pasukan Rusia di medan pertempuran. Mengingat selama dua bulan terakhir performa militer Rusia telah mengalami kemunduran drastis pasca Putin memerintahkan mobilisasi 300.000 pria Rusia ke Ukraina.

Meski mengalami kemunduran, pada 30 September 2022 Putin menggelar "referendum" yang menyatakan empat wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia resmi masuk dalam bagian kekuatan Rusia.

Pada 8 Oktober, sebuah truk bermuatan bahan peledak meledak di jembatan Krimea, Putin menuding serangan tersebut merupakan ulah yang dilakukan oleh Ukraina.

VIVA Militer: Tentara Rusia berjaga di Bryansk pasca serangan militer Ukraina

Photo :
  • rferl.org

Akibat tindakan tersebut Rusia lantas mengirimkan serangan rudal di pembangkit listrik Ukraina dan infrastruktur utama lainnya. Hingga sebagian besar kawasan Ukraina mengalami pemadaman listrik massal.

Pada 5 Desember, militer Rusia kembali mendapatkan serangan lewat drone Ukraina. Dalam serangan tersebut setidaknya dua pangkalan udara Rusia hancur akibat tembakan pertempuran jarak jauh.

Usai memenangkan beberapa pertempuran keras pada tanggal 21 Desember, Zelensky terbang ke Amerika untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden guna mengamankan sistem rudal pertahanan udara Patriot dan senjata lainnya.

Memasuki pergantian tahun pada 1 Januari 2023 Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 89 tentara Moskow yang baru dimobilisasi ditemukan tewas oleh serangan rudal Ukraina di kota Makiivka.

Setelah mengalami kekalahan selama berbulan-bulan, Rusia mengumumkan penaklukan kota tambang garam Soledar pada 12 Januari.

Kemudian pada tanggal 14 Januari militer Rusia bangkit dengan meluncurkan gelombang serangan lain di fasilitas energi Ukraina, sebuah rudal Rusia menyerang sebuah gedung apartemen di kota Dnipro dan mengalahkan 45 orang.

Joe Biden Datang Kunjungi Rusia Diam-diam

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden.

Photo :
  • AP Photo/Patrick Semansky.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden tiba di Ukraina pada hari Senin, 20 Februari 2023 waktu setempat, dalam kunjungan mendadak ke Kyiv, Ukraina, di mana dia bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky menjelang peringatan satu tahun invasi Rusia ke negara itu.

Biden menyampaikan pidato di Istana Mariinsky di Kyiv untuk mengumumkan bantuan tambahan setengah miliar dolar dan meyakinkan Ukraina akan dukungan AS dan sekutu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya