Turki Rugi Rp521 Triliun Akibat Gempa 6 Februari

Gedung-gedung hancur akibat gempa Bumi magnitudo 7,8 di Antakya, selatan Turki.
Sumber :
  • AP Photo/Khalil Hamra.

VIVA Dunia – Dua gempa bumi dahsyat yang mengguncang Turki pada 6 Februari membuat negara ini menelan kerugian fisik langsung mencapai US$34,2 miliar atau sekitar Rp521 triliun. Angka itu bahkan lebih kecil dibandingkan dengan total dana dibutuhkan untuk proses rekonstruksi dan pemulihan pascagempa yang diperkirakan dua kali lipat dari kerugian fisik langsung itu, kata Bank Dunia pada Senin 27 Februari 2023.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Bank Dunia memperkirakan gempa bumi dahsyat itu juga bakal memangkas paling sedikit setengah poin persentase pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Turki pada 2023 dari semula empat persen menjadi 3,5 persen, kata Direktur Bank Dunia Humberto Lopez kepada wartawan.

Pemadam kebakaran mengevakusi mayat korban gempa di Gaziantep, Turki.

Photo :
  • AP Photo/Kamran Jebreili.
Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Situasi di Suriah yang juga terdampak gempa bumi dahsyat itu sungguh mengerikan, kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Eropa dan Asia Tengah Anna Bjerde. Bank Dunia segera merilis perkiraan kerugian yang dialami Suriah akibat gempa itu Selasa esok.

Diketahui, korban tewas akibat gempa bumi di Turki per Sabtu kemarin telah naik menjadi 44.128. Angka itu membuat jumlah keseluruhan kematian di Turki dan negara tetangga Suriah menjadi lebih dari 50.000.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Lebih dari 160.000 bangunan berisi 520.000 apartemen runtuh atau rusak parah di Turki akibat gempa besar pada 6 Februari 2023.

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024