Kapal Penangkap Ikan Tenggelam di Laut Jepang, 6 ABK WNI Hilang

Ilustrasi pencarian kapal hilang/tenggelam.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Pasukan Penjaga Pantai Jepang melaporkan, sebuah kapal terbalik di perairan Senkaku, pada Minggu, 5 Maret 2023. Dalam insiden itu, tujuh orang dinyatakan hilang termasuk warga negara Indonesia (WNI).

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Kapal yang terbalik terlihat pada Minggu sore, hanyut di perairan utara pulau-pulau tersebut dan terlihat oleh patroli angkatan laut Jepang di daerah itu," kata juru bicara penjaga pantai Keisuke Nakao, dikutip dari Philstar, Senin, 6 Maret 2023.

Dia menambahkan, awak kapal satu orang Taiwan dan enam orang Indonesia dipastikan hilang."Kami telah menyisir daerah itu dengan kapal patroli dan helikopter sejak menerima informasi sekitar pukul 13.30 waktu setempat, dari Pasukan Bela Diri Maritim," ujarnya.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Ilustrasi pencarian kapal

Photo :
  • ANTARA Foto/Abriawan Abhe

Nakao juga mengatakan pihak berwenang Jepang sedang berkoordinasi dengan rekan-rekan mereka di Taiwan, yang juga mengklaim pulau kecil Senkaku.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa kapal itu adalah kapal penangkap ikan yang terdaftar di Taiwan, dan diduga telah terbalik di dekat salah satu Kepulauan Senkaku.

"Pusat Komando Penyelamatan Nasional telah menghubungi kapal penangkap ikan Taiwan di dekat lokasi kecelakaan untuk membantu pencarian. Penjaga pantai Taiwan dan Jepang juga telah mengirimkan kapal untuk pencarian dan penyelamatan," ujarnya dalam pernyataan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya