Rusia Beri Kemudahan Visa Bagi 6 Negara Asia-Afrika, RI Salah Satunya

Gedung Kementerian Luar Negeri Rusia
Sumber :
  • TAss

VIVA Dunia – Rusia saat ini sedang mempersiapkan perjanjian mengenai penyederhanaan pengajuan visa di enam negara, termasuk di Indonesia. Nantinya, dengan perjanjian ini, akan mempermudah WNI untuk mengurus visa jika ingin berkunjung ke Rusia.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Enam negara yang menjadi pilihan Rusia antara lain, India, Angola, Suriah, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

“Selain India, kami juga sedang mengerjakan draf perjanjian antar pemerintah yang menyiratkan saling menyederhanakan rezim visa dengan Angola, Vietnam, Indonesia, Suriah, dan Filipina,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Yevgeny Ivanov, dikutip dari Tass, Selasa, 7 Maret 2023.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Sebelumnya, Ivanov mengungkapkan bahwa Rusia sedang mengerjakan perjanjian perjalanan bebas visa di 11 negara, termasuk Bahrain, Oman, Arab Saudi, Bahama, Barbados, Haiti, Zambia, Kuwait, Malaysia, Meksiko, dan Trinidad dan Tobago.

Mengurus Visa Online

Photo :
  • U-Report
Religion Ministry Issues 75 thousand Visas for Indonesian Hajj Pilgrims

Pada akhir Februari lalu, Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin menyetujui sistem visa "facilitated" atau yang "difasilitasi" untuk warga negara dari 19 negara, termasuk Indonesia.

Negara-negara yang bisa menggunakan keuntungan ini adalah Bahrain, Brunei, Kamboja, China, India, Indonesia, Iran, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), Kuwait, Laos, Malaysia, Meksiko, Myanmar, Oman, Arab Saudi, Serbia, Thailand, Turki dan Filipina.

Rusia, yang menginvasi negara tetangganya Ukraina pada tahun lalu, telah banyak mendapatkan sanksi internasional, terutama dari negara Barat dan Eropa. 

Banyaknya sanksi yang diterima juga membuat Rusia untuk memutar otak, dengan cara mencari alternatif kerja sama dengan negara-negara lain seperti China dan negara-negara Afrika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya