Viral Tawanan Perang Ukraina Dieksekusi Mati Rusia saat Sedang Merokok

Ilustrasi tentara Ukraina di tengah bangunan yang dihantam rudal Rusia
Sumber :
  • Ist

VIVA Dunia – Militer Ukraina berhasil mengidentifikasi tentaranya yang diduga dieksekusi secara brutal oleh pasukan Rusia dengan tembakan, melalui sebuah video yang viral baru-baru ini di sosial media.

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Video yang viral pada hari Senin, 6 Maret 2023, menunjukkan tentara Rusia mengeksekusi seorang tentara Ukraina yang ditahan sebagai tawanan perang dengan tembakan, yang pada saat itu sedang merokok.

Melansir dari Newsweek, Rabu, 8 Maret 2023, eksekusi itu terjadi setelah tentara itu berkata, "Kemuliaan bagi Ukraina."

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Viral video tersebut lantas memicu kemarahan luas di kalangan pejabat Ukraina, yang berpendapat bahwa video tersebut adalah contoh terbaru dari kejahatan perang Rusia.

Rusia telah menghadapi banyak tuduhan atas pelanggaran hak asasi manusia atau kejahatan perang selama perang Ukraina, yang diluncurkan oleh Presiden Vladimir Putin lebih dari satu tahun sebelumnya pada Februari 2022. 

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Militer Moskow juga menghadapi beberapa penyelidikan atas dugaan kejahatan perangnya.

Viral video tentara Ukraina sedang merokok dieksekusi mati diduga oleh Rusia

Photo :
  • @weareukraine.info

Pada hari Selasa, 7 Maret 2023, tentara yang terbunuh itu diidentifikasi sebagai anggota Brigade Mekanik Konstanty Ostrogski ke-30 Ukraina bernama Timofiy Mykolajovich Shadura.

"Unit ini telah terlibat dalam pertempuran sengit untuk menguasai Bakhmut," tulis militer Ukraina dalam media sosial Facebook.

Bakhmut merupakan sebuah kota di wilayah Donetsk Ukraina, tempat terjadinya pertempuran paling intens dalam beberapa bulan terakhir perang. Shadura pertama kali hilang pada 3 Februari, di tengah pertempuran di wilayah Bakhmut.

"Jenazahnya berada di wilayah yang diduduki sementara, dan konfirmasi akhir tentang identitasnya akan dilakukan setelah jenazahnya dikembalikan ke Ukraina," kata unit tersebut.

Komando Brigade Mehanizovani ke-30 dan saudara-saudara pahlawan menyatakan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan orang-orang terkasihnya. "Balas dendam tidak akan dapat diubah," tulis postingan itu.

"Puji Ukraina! Puji para pahlawan!"

Mengenai hal tersebut, Rusia belum mengomentari atau mengkonfirmasi video brutal itu tersebut secara terbuka.

Di tengah tuduhan kejahatan perang, Kremlin menuduh Ukraina melakukan pelanggaran mereka sendiri.

Pada bulan November, misalnya, Rusia mengklaim bahwa Ukraina mengeksekusi lebih dari 10 tawanan perang.

Hannah R. Garry, seorang profesor hukum klinis dan direktur pendiri Gould's International Human Rights Clinic di University of Southern California, mengatakan kepada Newsweek bahwa video tersebut tampaknya menunjukkan pelanggaran terhadap hak-hak tentara sebagai tawanan perang, yang dijamin di bawah Third Konvensi Jenewa.

“Jika seorang kombatan dari pihak lain telah ditangkap dan tidak lagi menembak, mereka harus diperlakukan sebagai tawanan perang. Dan seorang tawanan perang memiliki perlindungan dan hak tertentu di bawah Konvensi Jenewa 1949. Dan salah satunya tidak untuk dibunuh di luar hukum," katanya.

"Jika memang ini adalah contoh pembalasan yang dilakukan terhadap tawanan perang, keadilan mutlak harus dilakukan."

Zelensky berbicara secara virtual di KTT G20

Photo :
  • AFP

Sumpah Zelensky

Pelaku berpotensi dituntut di Ukraina, Pengadilan Kriminal Internasional atau oleh negara lain dengan yurisdiksi universal. Namun, jaksa kejahatan perang dapat menghadapi tantangan dalam memverifikasi video tersebut, serta mengidentifikasi individu yang menarik pelatuk senjatanya.

"Ini benar-benar menekankan betapa rumit dan sulitnya untuk memverifikasi dengan tepat apa yang terjadi di lapangan, dan betapa pentingnya (verifikasi) untuk melakukannya," kata Garry.

"Kalau tidak, jenis insiden ini berpotensi digunakan untuk propaganda,"

Pengumuman Ukraina datang setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersumpah untuk menemukan tersangka pembunuh tentara itu selama pidato televisi malamnya.

"Hari ini, sebuah video telah muncul dari para penjajah yang secara brutal membunuh seorang pejuang yang dengan berani berkata di depan wajah mereka: 'Kemuliaan bagi Ukraina'," kata Zelensky.

"Saya ingin kita semua menanggapi kata-katanya bersama-sama, dalam kesatuan: 'Puji Pahlawan! Puji Pahlawan! Puji Pahlawan! Puji Ukraina! Dan kita akan menemukan pembunuhnya."

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menggambarkan video itu sebagai bukti perang genosida Rusia.

"Video mengerikan dari tawanan perang Ukraina yang tidak bersenjata yang dieksekusi oleh pasukan Rusia hanya karena mengatakan 'Glory to Ukraina,' cuit Kuleba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya