Paus Fransiskus: Ideologi Gender Berbahaya

VIVA Militer: Paus Fransiskus
Sumber :
  • dw.com

VIVA Dunia – Pemimpin umat Katolik di dunia, Paus Fransiskus mengatakan bahwa ideologi gender adalah “salah satu kolonisasi ideologi paling berbahaya” saat ini.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Elisabetta Pique untuk surat kabar harian Argentina La Nacion, Paus Fransiskus menjelaskan alasan di balik pernyataan tegasnya.

“Ideologi gender, hari ini, adalah salah satu kolonisasi ideologi paling berbahaya,” kata Francis dalam wawancara itu, melansir Catholic New Agency, Senin, 13 Maret 2023.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

“Mengapa berbahaya? Karena mengaburkan perbedaan dan nilai laki-laki dan perempuan,” tambahnya.

Paus Fransiskus.

Photo :
  • Instagram @franciscus
Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

“Semua umat manusia adalah ketegangan perbedaan. Itu tumbuh melalui ketegangan perbedaan. Masalah gender menipiskan perbedaan dan menjadikan dunia sama, semuanya membosankan, semuanya sama, dan itu bertentangan dengan panggilan manusia," ujar paus berusia 85 tahun tersebut. 

Paus Fransiskus sering menggunakan istilah “penjajahan ideologis” selama 10 tahun masa kepausannya, terutama untuk menggambarkan contoh-contoh ketika uang bantuan untuk negara-negara berkembang dikaitkan dengan kontrasepsi, aborsi, sterilisasi, dan ideologi gender.

Mengingat percakapan dengan para uskup Polandia pada tahun 2016, Paus Fransiskus berkata: “Saat ini anak-anak diajar di sekolah bahwa setiap orang dapat memilih jenis kelaminnya. Mengapa mereka mengajarkan ini? Karena buku-buku itu disediakan oleh orang dan lembaga yang memberi Anda uang. Bentuk-bentuk penjajahan ideologis ini juga didukung oleh negara-negara berpengaruh. Dan ini mengerikan!”

Paus memberi tahu Pique bahwa dia saat ini tidak sedang menulis ensiklik baru dan menyangkal bahwa dia telah diminta untuk menulis dokumen tentang masalah gender.

Meskipun dia tidak menulis sesuatu tentang ideologi gender, paus mengatakan bahwa dia berbicara tentang subjek tersebut “karena beberapa orang agak naif dan percaya bahwa itu adalah cara untuk maju.”

“Mereka tidak membedakan apa yang menghormati keragaman seksual atau beragam preferensi seksual dari apa yang sudah menjadi antropologi gender, yang sangat berbahaya karena menghilangkan perbedaan, dan menghapus kemanusiaan, kekayaan kemanusiaan, baik pribadi, budaya dan sosial, keragaman dan ketegangan di antara perbedaan-perbedaan,” jelasnya.

VIVA Militer: Paus Fransiskus

Photo :
  • dw.com

Paus mencatat bahwa dia selalu membedakan antara apa itu pelayanan pastoral bagi orang-orang yang memiliki orientasi seksual berbeda dan apa itu ideologi gender.

“Itu dua hal yang berbeda,” tambahnya.

Dalam wawancara dengan La Nación tentang kepausan ketiga, Paus Fransiskus juga merenungkan 10 tahun kepausannya, kepeduliannya terhadap perang di Ukraina, dan mengapa dia tidak melakukan perjalanan ke negara asalnya, Argentina.

Beberapa hari menjelang peringatan 10 tahun kepausannya pada Senin 13 Maret 2023, paus mengatakan bahwa dia sangat senang dengan warisan dari “garis pastoral pengampunan dan pemahaman umat, untuk memberi ruang di Gereja bagi semua orang.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya