PBB Sebut Kekerasan di Iran Dapat Dianggap Sebagai Kejahatan Kemanusiaan

Demonstran mengangkat poster Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei
Sumber :
  • AP Photo/Vahid Salemi

VIVA Dunia – Seorang ahli yang ditunjuk PBB mengatakan, bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh otoritas Iran dapat dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Javaid Rehman, pelapor khusus untuk situasi hak asasi manusia di Republik Islam Iran, mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia yang berbasis di Jenewa bahwa sebagai bagian dari penumpasan gelombang protes baru-baru ini, Iran telah melakukan banyak pelanggaran

Dia mengutip "kejahatan terhadap kemanusiaan pembunuhan, pemenjaraan, penghilangan paksa, penyiksaan, pemerkosaan dan kekerasan seksual, dan penganiayaan," melansir DW

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Aksi demonstrasi mendukung protes antirezim Iran di Los Angeles, Amerika Serikat

Photo :
  • AP Photo/Richard Vogel.

Rehman juga mengatakan bahwa kematian Jina Mahsa Amini, yang memicu gelombang protes terbesar di Iran dalam beberapa tahun terakhir, adalah "akibat pemukulan oleh polisi moralitas negara." Amini, seorang wanita Iran Kurdi berusia 22 tahun, ditangkap pada bulan September tahun lalu karena diduga tidak mematuhi aturan berpakaian yang ketat di Iran.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Kematiannya beberapa hari kemudian menyebabkan ledakan kemarahan di wilayah Kurdi di negara itu dan menyebar ke seluruh Iran. Koroner negara Iran mengatakan bahwa kematian itu adalah akibat dari kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, tetapi klaim ini telah ditolak oleh keluarga Amini.

Pelapor khusus PBB sekarang telah memberikan dukungannya kepada keluarga Amini, dengan mengatakan bahwa dia dibunuh karena pukulan di kepala.

Menurut Rehman, kematian Amini bukanlah insiden yang terisolasi, tetapi menunjukkan perlakuan kekerasan Iran yang sedang berlangsung terhadap perempuan dan anak perempuan.

Upaya pasukan keamanan Iran untuk memadamkan protes selama berbulan-bulan telah menyebabkan ratusan pengunjuk rasa tewas dan puluhan ribu lainnya ditahan.

Rehman mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB bahwa tingkat kekerasan "menunjuk pada kemungkinan terjadinya kejahatan internasional, terutama kejahatan terhadap kemanusiaan."

Presiden terpilih Iran, Ebrahim Raisi.

Photo :
  • Istimewa

Dia menyoroti eksekusi empat orang sehubungan dengan protes dan total 143 orang yang dieksekusi sejak Januari, mengikuti apa yang disebutnya sebagai "pengadilan yang sangat tidak adil." Rehman juga menyatakan keprihatinan atas peracunan massal siswi sekolah di seluruh negeri dan penganiayaan terhadap etnis dan agama minoritas, khususnya komunitas Kurdi, Balochi, dan Bahai.

Duta Besar Iran untuk PBB di Jenewa, Ali Bahreini, mengabaikan tuduhan tersebut, menyebut mereka imajiner dan menuduh PBB menargetkan Iran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya