Kisah Perjuangan Wanita Tenaga Medis di Jalur Gaza Sebelum Tewas Ditembak Militer Israel

Seorang wanita mengibarkan bendera Palestina di Jalur Gaza.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Rouzan al-Najjar, seorang paramedis dari Jalur Gaza, menceritakan kehidupan pekerjaannya, yang menyelamatkan nyawa orang lain, selama protes di wilayah tersebut sejak 2018. Dia secara khusus menantang asumsi di wilayah Palestina yang sangat konservatif tentang peran perempuan di dunia medis. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

“Menjadi tenaga medis bukan hanya pekerjaan laki-laki,” kata wanita berusia 21 tahun itu dalam sebuah wawancara singkat, sebelum dia ditembak dan dibunuh oleh penembak jitu Israel

“(Masyarakat) akan dipaksa untuk menerima kami. Kekuatan yang saya tunjukkan pada hari pertama protes, saya tantang anda untuk menemukannya (kekuatan) di orang lain.” 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

VIVA Militer: Para Pekerja Pembangun Perbatasan di Sepanjang Jalur Gaza

Photo :
  • Times of Israel

Meski tewas dalam tembakan, tentara Israel membantah sengaja menargetkan paramedis, dan penyelidikan internal atas kematian Najjar disimpulkan sebagai kriminalitas. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Dalam kematian atau seperti saat hidup, Naijjar terus menginspirasi. Tak lama setelah pemakaman, ibunya, Sabreen, mendaftar kursus pelatihan dengan Lembaga Bantuan Medis Palestina. Setelah empat tahun dalam pengobatan darurat, dia baru-baru ini mulai bekerja dalam peran manajerial di organisasi tersebut. 

“Rasa sakit yang saya rasakan memicu keinginan saya untuk membuktikan betapa kuatnya ibu-ibu Palestina dan bagaimana mereka dapat melakukan hal-hal hebat bahkan ketika mereka hancur,” katanya. 

“Saya mengikuti jejak Rouzan dan melanjutkan pekerjaannya.  Saya bangga dengan pekerjaan saya dan saya tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mendukung rakyat Palestina dalam damai dan perang.” 

Gaza, sebidang tanah di Mediterania yang dikuasai oleh gerakan Islam Palestina Hamas, adalah salah satu tempat paling menyedihkan di dunia. 

Penduduknya yang berjumlah 2,2 juta hampir tidak memiliki kebebasan bergerak, dan perawatan kesehatan, listrik, sanitasi, serta infrastruktur penting lainnya telah runtuh sejak Israel dan Mesir memberlakukan blokade brutal di wilayah tersebut setelah Hamas merebut kekuasaan pada tahun 2007. 

Putaran perang dan eskalasi militer antara Hamas dan Israel selama 16 tahun terakhir telah membuat trauma seluruh generasi.  Hampir setengah dari populasi strip berusia di bawah 18 tahun. 

Blokade berarti kesempatan untuk merdeka menjadi langka, apalagi bagi perempuan.  Menurut data dari Bank Dunia, hanya 18 persen wanita dewasa di wilayah pendudukan Palestina yang bekerja. Sebagian besar dari mereka tinggal di Tepi Barat, meskipun wanita mengepalai 11 persen rumah tangga di Jalur Gaza.

https://www.theguardian.com/world/2023/apr/03/palestinian-territories-women-pushing-boundaries-in-gaza

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya