Ini Sosok Marlene Schiappa, Menteri Prancis yang Jadi Cover Majalah Playboy

Marlene Schiappa
Sumber :
  • Melty

VIVA Dunia – Salah satu Menteri Prancis yang saat ini berkontroversi, Marlene Schiappa dikritik oleh rekan-rekannya karena berpose di sampul majalah dewasa sensual Playboy Prancis. Schiappa berpose untuk majalah sensual dewasa yang akan keluar di edisi April, dengan mengenakan pakaian berwarna putih dan berpose dengan seksi.

Penampakan 2 Bayi Harimau Sumatera yang Lahir di Kebun Binatang Amiens Metropole Prancis

Meski banyak tuai kritik negatif, tetapi Shciappa menanggapinya dengan balasa yang menohok, mengatakan bahwa itu adalah hak wanita "untuk memiliki kendali atas tubuh mereka."

Menteri Prancis jadi cover majalah Playboy

Photo :
  • MARCA
Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

"Mempertahankan hak perempuan untuk mengontrol tubuh mereka, itu ada di mana saja dan kapan saja," tulisnya. "Di Prancis, wanita bebas. Dengan segala hormat kepada para pencela dan orang munafik," lanjut Schiappa. 

Namun, siapa sebenarnya sosok Marlene Schiappa ini?

Sebelum berita kontroversi yang menyangkut dirinya, Marlène Schiappa adalah politikus Prancis “biasa”. Ia lahir pada 18 November 1982 adalah seorang penulis dan politikus Prancis yang menjabat sebagai Menteri Delegasi yang bertanggung jawab atas Kewarganegaraan, melekat pada Menteri Dalam Negeri, di pemerintahan Perdana Menteri Jean Castex (2020–2022).

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Sebelumnya ia sempat menjabat sebagai Sekretaris Negara untuk Kesetaraan Gender dalam pemerintahan Perdana Menteri Édouard Philippe (2017–2020).

Schiappa menuntut ilmu di Lycée Claude-Bernard di mana dia memperoleh gelar Baccalauréat ES. Ia belajar Geografi di Sorbonne selama setahun. Dia juga mengambil kelas malam dalam komunikasi dan memperoleh gelar sarjana yang divalidasi oleh Universitas Grenoble.

Marlene Schiappa

Photo :
  • Melty

Pada tahun 2007, Schiappa mulai bekerja di perusahaan periklanan Euro RSCG, di tahun yang sama ia mendirikan majalah online "Les Pasionarias". Pada tahun 2008 ia membuat blog untuk ibu bekerja yang disebut "Maman travaille" (Karya ibu), mengikuti kesuksesan blog dan internet, ia membuat jaringan dukungan untuk ibu bekerja untuk menyusun proposal perubahan politik.

Setelah kelahiran putri pertamanya, dia meninggalkan periklanan dan mulai menulis novel dengan tema keibuan dan feminisme, beberapa buku yang paling sukses adalah: Letters To My Uterus dan Who Are The Rapists. Dia pindah ke Le Mans di Prancis barat laut.

Pada tahun 2014 Schiappa terpilih sebagai wakil walikota kota Le Mans, yang bertanggung jawab atas kesetaraan dan diskriminasi gender, posisi yang dipegangnya hingga tahun 2017. Pada tahun 2015 dia bertemu dengan Emmanuel Macron, yang saat itu masih menjadi Menteri Ekonomi, di sebuah acara teknologi, dan memberinya hadiah buku Plafond de mère, beberapa minggu kemudian dia memintanya untuk berpartisipasi dalam konferensi tentang kesetaraan gender dan politik.

Pada tahun 2014 ia ikut mendirikan Gerakan Pejabat Terpilih Prancis untuk Kesetaraan (MEFE). Dari 2016 hingga 2017, Shiappa menjadi penasihat delegasi untuk inovasi teknologi dan daya tarik ekonomi wilayah tersebut. Pada tahun 2016 ia juga menjabat sebagai penasehat Laurence Rossignol (Menteri Keluarga, Hak Anak dan Perempuan) dalam pemerintahan Perdana Menteri Manuel Valls.

Pada 2016–17, Schiappa didelegasikan ke departemen Sarthe yang bertanggung jawab atas kesetaraan gender untuk La République En Marche! serta anggota Komite Investitur nasionalnya.

Pada 2017, karir Schiappa di dunia politik makin meningkat dan ia diangkat menjadi Sekretaris Negara untuk Kesetaraan Gender yang melekat pada Perdana Menteri.

Pada tahun 2018, dia berhasil memperkenalkan undang-undang untuk mencegah komentar predator dan pelecehan di jalan, seperti siulan. Pada tahun 2018, Schiappa mengusulkan perubahan pada hukum perdata Prancis untuk memperkenalkan larangan hukuman fisik; RUU yang disebut "RUU anti-pemukul" dan telah disetujui pada 30 November 2018.

Pada tahun 2019, Schiappa dan sesama anggota kabinet menteri kesejahteraan anak, Adrien Taquet menyerukan penyelidikan atas aktivitas terpidana pedofil Jeffrey Epstein di Prancis "sehingga kematiannya tidak menyangkal keadilan bagi para korbannya." berhak".

Menteri Prancis Marlene Schiappa,

Photo :
  • CNBC

Pada November 2019, Schiappa mengusulkan agar orang asing yang dihukum karena kejahatan seksual dan kekerasan terhadap perempuan akan dideportasi. Usulan ini dikritik oleh beberapa feminis yang menyebutnya sebagai "feminasionalisme" dan hukuman yang tidak setara berdasarkan kewarganegaraan, dan juga oleh ahli hukum yang mengatakan bahwa tindakan tersebut sudah ada sejak tahun 1970 untuk kejahatan berat termasuk kejahatan seksual terburuk.

Pada 6 Juli 2020, Schiappa diangkat menjadi Delegasi Menteri yang bertanggung jawab atas Kewarganegaraan, melekat pada Menteri Dalam Negeri, dalam pemerintahan Perdana Menteri Jean Castex.

Selama pandemi COVID-19 di Prancis, pada September 2020, Schiappa mengumumkan bahwa petugas kesehatan asing akan dipercepat untuk mendapatkan kewarganegaraan Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya