Para Pekerja Seks di Amsterdam Demo, Minta Jam Kerja Tidak Diubah

Para pekerja seks di Amsterdam melakukan protes
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – Para pekerja seks komersial (PSK) di Amsterdam memprotes peraturan baru Amsterdam karena kota itu berusaha meredam pariwisata 18+, yaitu Red Light District atau Distrik Lampu Merah yang dikenal di seluruh dunia. 

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Jam malam baru ini memaksa bisnis pekerja seks untuk menutup "pintu" mereka pada jam 3 pagi, yang mana biasanya adalah jam 6 pagi, sebuah langkah yang menurut para pekerja akan secara drastis mempengaruhi pendapatan mereka dan membahayakan mereka dalam perjalanan pulang.

"Sebagian besar pekerja mulai bekerja setelah pukul 12 atau 1 dini hari, ketika bar mulai tutup,” ujar Felicia Anna, mantan pekerja seks yang menolak menggunakan nama aslinya karena alasan privasi, melansir New York Post

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Para pekerja seks di Amsterdam melakukan protes

Photo :
  • nypost.com

“Sekarang Anda mungkin punya waktu dua jam untuk menghasilkan uang, dan itu tidak cukup," jelasnya. 

Bidik Pasar Global, 5 UMKM Kopi RI Mejeng di Amsterdam Coffee Festival 2024

Anna telah tinggal di kota itu selama 13 tahun dan mengepalai serikat pekerja, Red Light United, untuk para PSK jendela di distrik tersebut. Serikat pekerja dan lainnya berada di belakang petisi yang menyerukan lebih banyak penjagaan polisi daripada pengurangan jam kerja serta menghentikan relokasi bisnis di luar kota ke "pusat erotis" yang diusulkan. 

Pekerja seks lainnya, Violet, yang juga menggunakan nama samaran, menjelaskan masalah keamanan akibat jam kerja baru.

"Jika Anda pulang pada pukul 3 pagi, terutama jika semuanya tutup, maka Anda, sebagai pekerja seks, berada dalam kerentanan bahaya yang lebih besar," kata Violet. 

Karena pekerja biasanya dibayar tunai, Violet, yang juga koordinator Pusat Informasi Prostitusi, menunjukkan bahwa “berkeliling dengan banyak uang tunai” pada pukul 3 pagi “akan memberikan kesempatan kepada orang-orang yang ingin menyakiti kita untuk melakukan kejahatan."

Ilustrasi prostitusi

Photo :
  • dreamstime.com

Pengurangan jam adalah pembatasan terbaru yang diberlakukan kota Amsterdam dalam apa yang diklaim pihak pemerintah sebagai upaya untuk mengekang perilaku "gangguan".

Pejabat pemerintah juga telah mengusulkan undang-undang untuk membatasi penjualan alkohol, persewaan liburan, merokok di jalanan dan membangun pusat erotis di luar kota yang akan merelokasi ratusan bisnis seks.

“Distrik lampu merah adalah salah satu bagian tertua dan terkecil di kota kami, tetapi saat ini dipenuhi dengan pesta bujangan dan turis yang mengenakan setelan penis, melecehkan pekerja seks,” ujar Ilana Rooderkerk, kepala D66 liberal-demokratis lokal pesta, kepada The Guardian.

“Kami ingin laki-laki dan perempuan yang bekerja sebagai pekerja seks dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman, tetapi kami juga ingin 'the monkey watching’ menjadi sesuatu dari masa lalu. Pusat erotis harus mengakhiri gangguan di distrik lampu merah, tanpa menyebabkan gangguan di tempat lain," ujarnya.

Menurut situs web Amsterdam, kota ini adalah salah satu yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan sekitar 20 juta turis datang setiap tahun, dan banyak dari mereka memesan perjalanan mereka untuk menjelajahi distrik lampu merah yang terkenal, tempat prostitusi dan mariyuana dilegalkan.

Rapat dewan kota hari Kamis mendatang akan difokuskan untuk membahas kemungkinan opsi lokasi untuk pusat erotis yang diusulkan untuk menggantikan distrik di pusat kota kuno itu.

Para pendukung berpendapat bahwa pusat erotis akan menghilangkan beberapa kemacetan dan perilaku tidak tertib di pusat kota. Kritikus mengklaim bahwa itu akan menarik kerumunan kumuh atau menjengkelkan ke lingkungan perumahan, memungkinkan kejahatan yang lebih terorganisir, dan menempatkan pekerja seks dalam situasi yang tidak aman karena pajangan jendela ditukar dengan ruang tertutup dan jumlah bisnis seks berkurang dari 250% menjadi 100%.

Thijs Weijland, seorang pekerja tetapi bukan pekerja seks untuk rumah bordil di distrik lampu merah, mengatakan kepada Dutch News bahwa pejabat pemerintah “selalu berbicara tentang pekerja seks tetapi tidak dengan mereka yang bukan pekerja seks". 

“Saya tidak kenal satu pun pekerja seks yang mengatakan bahwa pusat erotis adalah ide yang bagus. Kita tidak boleh menjadikan mereka korban politik," ujarnya.

Topik kerja seks dan prostitusi hangat diperdebatkan di seluruh dunia, tetapi baru-baru ini merebak di kota yang terkenal dengan wisata seksnya.

Amsterdam meluncurkan kampanye iklan baru yang mencoba menghalangi turis Inggris yang menyukai pesta.

Sofyan Mbarki, wakil walikota Amsterdam, mengatakan kampanye iklan terbaru adalah upaya kota untuk terus menindak perilaku buruk di ibu kota setelah iklan pada tahun 2018 menargetkan pria Inggris dan Belanda.

Para pekerja seks di Amsterdam melakukan protes

Photo :
  • nypost.com

“Pengunjung akan tetap diterima, tetapi tidak jika mereka berperilaku buruk dan menimbulkan gangguan,” kata Mbarki dalam sebuah pernyataan tentang iklan tersebut. 

"Amsterdam adalah kota metropolitan dan itu termasuk hiruk pikuk dan sangat aktif, tetapi untuk menjaga agar kota kami tetap layak huni, kami sekarang memilih pembatasan daripada pertumbuhan yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya. 

Iklan tersebut akan diluncurkan di negara UE lainnya dan di Belanda.

“Ini bukan kebun binatang,” bantah Anna. “Datanglah ke distrik lampu merah tapi bersikap lah yang baik,"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya