Rumah PM Kanada Ditutup Setelah Banyak Tikus Mati

Kediaman PM Kanada
Sumber :
  • Twitter

VIVA Dunia – Kediaman Perdana Menteri Inggris harus ditutup, setelah banyaknya tikus mati yang terperangkap di balik dinding, dan di ruang bawah tanah kediaman resmi PM Kanada itu. Oleh sebab itu, para pejabat memutuskan untuk menutup gedung tua tersebut tahun lalu, karena udara di rumah itu dianggap tidak lagi aman untuk dihirup. 

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Rumah berlapis batu kapur di 24 Sussex Drive, dibangun di tebing di atas Sungai Ottawa. Rumah ini adalah salah satu bidang real estat yang paling penting secara simbolis dan sarat politik di negara itu. 

Tahun lalu, National Capital Commission (NCC), yang bertugas melestarikan bangunan bersejarah di Ottawa, menutup kediaman tersebut. Diketahui, biaya renovasi dan peningkatan rumah tersebut hampir US$29,7 juta atau setara dengan Rp443,1 miliar.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Ilustrasi tikus.

Photo :
  • Pexels/Denitsa Kireva
 
Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Melansir dari The Guardian, Rabu, 5 April 2023, dokumen mengenai penutupan kediaman tersebut, mengindikasi adanya jamur, jendela retak, pipa ledeng yang rusak, dan sistem kelistrikan yang secara luas dianggap sebagai bahaya kebakaran. 

Mereka juga menyoroti masalah mouse gedung, yang menambah sakit kepala bagi NCC. 

"Ada serangan hewan pengerat yang penting, yang tidak dapat ditangani sepenuhnya sampai masalah selubung bangunan diselesaikan,” menurut dokumen internal dari bulan Juni. 

Dinding interior bangunan mengandung asbes berbahaya dan tidak dapat dipindahkan sampai ada rencana perbaikan. 

"Sementara itu, kami menggunakan umpan untuk mengendalikan situasi, tapi umpan itu justru menyisakan kotoran dan bangkai di antara dinding dan di loteng serta ruang bawah tanah," kata dokumen tersebut.

Jumlah tikus dan kotoran yang membusuk, telah menyebabkan kekhawatiran nyata terhadap kualitas udara di dalam kediaman. 

Sebagai informasi, Justin Trudeau menghabiskan bertahun-tahun di rumah itu sebagai seorang anak ketika ayahnya menjadi perdana menteri. 

Tetapi, setelah mengambil alih kekuasaan pada tahun 2015 dia menyatakan tidak akan kembali ke rumah tersebut. 

Perkebunan yang luas tidak memiliki pekerja, tetapi lahan yang terawat sering digunakan untuk pesta kebun. Kolam renang dan sauna gedung, dipasang pada tahun 1975 atas permintaan ayah Justin Trudeau, Pierre Trudeau. Kolam tersebut ternyata masih sering digunakan. 

Dokumen-dokumen itu juga prihatin atas asbes dan isolasi kabel listrik yang hancur. 

"Ada risiko serius yang terkait dengan sistem kelistrikan, itulah sebabnya kami menganggap bangunan ini sebagai bahaya kebakaran,” kata catatan tersebut. 

Mereka menambahkan bahwa insiden selama musim panas dapat membuat kabel kerusakan yang menghancurkan dan tidak dapat diperbaiki pada bangunan. 

Dokumen tambahan yang diperoleh oleh Warga Negara Ottawa menunjukkan bahwa meskipun tanpa penghuni, tempat tinggal tersebut memiliki tagihan utilitas yang mahal. 

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini dari Angus Reid Institute menemukan bahwa mayoritas warga Kanada mendukung investasi di kediaman perdana menteri, dan menyalahkan kepengecutan politik atas kelambanan perbaikan tempat itu. 

NCC berencana untuk memulai remediasi asbes dan jamur pada musim semi, tetapi terlepas dari sifat profil tinggi dari kekurangan bangunan, tidak ada keputusan resmi yang dibuat untuk masa depan bangunan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya