Sosok Jaksa Sidang Donald Trump, Mantan Asisten Kejagung dan Biasa Tangani Isu sensitif

Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg
Sumber :
  • AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez

VIVA Dunia – Nama Alvin Bragg menjadi pembicaraan publik, setelah dirinya menjadi jaksa penuntut dalam persidangan mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Lalu, siapa sebenarnya Alvin Bragg?

Nurul Ghufron Jelaskan Perkara yang Bikin Dia Disidang Masalah Etik Dewas KPK

Bragg menggambarkan dirinya sebagai "putra Harlem", sebab profesinya menjadi jaksa wilayah Manhattan yang harus memiliki keberanian dan menuntut keadilan. 

Nama Bragg mulai menjadi buah bibir saat dirinya mengambil kasus mantan presiden AS. Diketahui, ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah AS, bahwa seorang mantan presiden dijatuhi dakwaan.

Nurul Ghufron Jelaskan Alasan Dirinya Mangkir di Sidang Etik Dewas KPK

Bragg berusia 49 tahun, dia merupakan mantan asisten jaksa agung negara bagian New York lulusan Harvard dan asisten jaksa AS di distrik selatan New York. 

Donald Trump tiba di pengadilan New York

Photo :
  • CBS News
Gaji UMR Mahal, Restoran di New York Pekerjakan Warga Filipina Jadi Kasir Virtual Lewat Zoom

Pada tahun 2021, dia terpilih sebagai DA Black Manhattan pertama dan menjadi penghuni permanen keempat dari jabatan tersebut dalam 80 tahun. 

Secara pribadi, dia berfokus untuk melindungi warga New York sehari-hari dari pelanggaran oleh penguasa, dan mengoreksi ketidakadilan masa lalu dengan menjatuhkan keyakinan yang salah. 

Menurut The Guardian, Rabu, 5 April 2023, jaksa wilayan itu juga menyoroti pembentukan Divisi Korban Khusus, menangani kasus-kasus yang sangat sensitif dengan informasi menyelamatkan yang trauma dan berpihak pada penyintas. Dia juga menyoroti perluasan Unit Kejahatan Kebencian. 

Bragg sekarang menyoroti enam dakwaan terhadap sekutu Trump Steve Bannon atas penipuan, dan keyakinan Allen Weisselberg, kepala keuangan Organisasi Trump karena penggelapan pajak. 

Bragg juga menghadapi kritik atas pendekatannya terhadap kejahatan, tidak terkecuali dari komisaris polisi Kota New York, Keechant Sewell. 

Pada awal 2022, Bragg mengeluarkan memo yang menginstruksikan jaksa penuntut untuk menghindari hukuman penjara, kecuali kejahatan yang paling serius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya