Korea Selatan Kecam Klaim Baru Jepang Atas Kepulauan Dokdo

Sekelompok pulau vulkanik terpencil yang dikenal oleh Seoul dan Pyongyang sebagai Dokdo dan oleh Tokyo sebagai Takeshima.
Sumber :
  • Antara Photo.

VIVA Dunia – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Lim Soo-suk, pada Selasa 11 April 2023, mengatakan bahwa negaranya mengecam keras klaim teritorial Jepang atas wilayah sengketa Kepulauan Dokdo, yang dikenal sebagai Kepulauan Takeshima di Jepang.

Kecaman itu dilontarkan Korsel setelah pada hari yang sama Jepang mencantumkan klaim atas kepulauan tersebut dalam Buku Biru Diplomatik 2023 miliknya yang berisi laporan atas berbagai kebijakan dan aktivitas luar negeri Jepang.

"Kami mengecam keras Jepang yang terus-menerus melayangkan klaim tidak berdasar atas kedaulatannya di Dokdo yang mana merupakan wilayah kedaulatan kami baik dilihat dari sisi sejarah, geografi, maupun hukum internasional," kata Lim seperti dikutip oleh kantor berita Korea Selatan.

Ekonomi Global Semakin Seram, Erick Thohir Ungkap Sudah Mulai Terjadi Perang Tarif

Peta Semenanjung Korea.

Photo :
  • Istimewa
 
Heboh Member Day6 Pakai Batik Hingga Jaket Almamater ITB di Acara Album Fan Sign


Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Sang Penghancur Timnas Indonesia
Jubir Kemlu Korsel itu juga mengingatkan Jepang bahwa serangkaian klaim yang selama ini dilayangkan negara itu pada dasarnya jelas sama sekali tidak berkontribusi terhadap perkembangan hubungan kedua negara.

Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, pihak Kemlu Korea Selatan juga telah memanggil Naoki Kumagai selaku wakil kepala di Kedutaan Besar Jepang di Seoul untuk menyampaikan pesan resmi protes tersebut. (Ant/Antara)
Cak Imin seusai menghadiri Ta'arufan sekaligus Pembekalan Cakada di Makassar

Cak Imin: Masuk atau Tidak Lihat di 20 Oktober, Akan Terlihat Koalisi Sesungguhnya

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, menilai wajah koalisi Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, akan terlihat usai dilantik 20 Oktober.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024