Disebut Jadi Ancaman, China Minta Jepang Koreksi Buku Biru Diplomatik

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin
Sumber :
  • ANTARA/China MFA

VIVA Dunia – Otoritas China meminta Jepang segera mengoreksi isi Buku Biru Diplomatik yang di dalamnya menyebut China sebagai ancaman dan memosisikannya sebagai tantangan strategis terbesar.

"Kami mendesak Jepang memperbaiki kesalahannya, berhenti menghasut dan menciptakan blok konfrontasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, di Beijing, Selasa 11 April 2023.

Pihaknya meminta Jepang mematuhi tatanan internasional pascaperang dan norma dasar perilaku hubungan internasional. "China dengan tegas menentang Jepang yang mendiskreditkan China dengan menyebut 'ancaman dari China'," ujar Wang.

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Bendera Jepang

Photo :

Terkait keprihatinan Jepang atas aktivitas militer gabungan China-Rusia di dekat perbatasan Jepang sebagaimana tercantum dalam buku biru yang dirilis dalam rapat Kabinet Jepang pada Selasa, Wang menanggapinya bahwa kerja sama militer tersebut tidak menyasar pada pihak ketiga mana pun.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

"Kerja sama tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi negara mana pun dan bukan untuk menghakimi negara lain," katanya.

Menurut dia, kerja sama militer China-Rusia sejalan dengan hukum internasional. Jika Jepang masih ingin membangun hubungan yang konstruktif dengan China, Wang mengingatkan agar Jepang berhenti mencampuri urusan dalam negeri China.

Sebelumnya, China dan Jepang menyepakati pembangunan saluran komunikasi pertahanan di tengah kunjungan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayasi ke China pada 1-2 April lalu. Pembangunan sambungan telepon langsung itu secara efektif bisa meningkatkan komunikasi pertahanan China-Jepang.

Saluran tersebut juga bertujuan untuk memperkuat kedua belah pihak dalam mengelola dan mengendalikan krisis maritim dan udara, serta membantu menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. (Ant/Antara)

VIVA Militer: Sertijab Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Raja Aibon Komandan Satuan Terbaik Kostrad.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024