Pentagon Selidiki Dalang Kebocoran Dokumen Rahasia AS, Dari Orang Dalam?

Ilustrasi dokumen rahasia.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Dunia – Departemen Kehakiman telah membuka penyelidikan atas kebocoran kumpulan dokumen intelijen AS yang diposting di media sosial dalam beberapa pekan terakhir.

5 Motor Baru Harley-Davidson Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp800 Jutaan

Penyelidikan dilakukan ketika dokumen baru muncul pada Jumat lalu, yang mencakup "banyak rahasia", mulai dari dukungan AS untuk Ukraina hingga informasi tentang sekutu utama AS seperti Israel. Hal ini memperluas dampak dari kebocoran yang sudah mengkhawatirkan. 

Pentagon mengatakan sedang menyelidiki masalah ini setelah postingan media sosial dari dokumen yang tampaknya rahasia tentang perang di Ukraina telah muncul.

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon

Photo :
  • David Mark/Pixabay

Para pejabat AS mengatakan bahwa mereka menganggap serius pembocoran tersebut saat mereka menyelidiki dan bekerja menuju penilaian yang lebih formal tentang apa yang ada di dalam dokumen dan bagaimana bisa terjadi pembocoran, melansir BBC

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Dokumen yang muncul pada hari Jumat oleh peneliti intelijen sumber terbuka tampaknya telah diposting online dalam beberapa minggu terakhir. Mereka tampaknya berisi informasi rahasia tentang topik mulai dari operasi tentara bayaran Grup Wagner di Afrika dan jalur Israel untuk memberikan bantuan mematikan ke Ukraina, hingga intelijen tentang hubungan Uni Emirat Arab dengan Rusia, dan kekhawatiran Korea Selatan tentang penyediaan amunisi ke AS untuk digunakan di Ukraina.

Foto-foto dokumen yang bocor terlihat telah dicetak dan kusut. Semua memiliki tanda rahasia, beberapa bahkan tertulis "sangat rahasia", tingkat klasifikasi tertinggi. Semuanya juga tampaknya diproduksi antara pertengahan Februari dan awal Maret.

Tidak jelas siapa di balik kebocoran itu dan dari mana, tepatnya itu berasal.

Goncang Pentagon

Kebocoran tersebut telah menggoncang para pejabat Pentagon, khususnya di dalam Staf Gabungan Departemen Pertahanan (DoD), yang terdiri dari kepemimpinan berseragam paling senior di DoD, yang berperan untuk menasihati presiden. Banyak dokumen memiliki tanda yang menunjukkan bahwa dokumen tersebut diproduksi oleh unit intelijen Staf Gabungan, yang dikenal sebagai J2, dan tampaknya merupakan dokumen pengarahan.

Ilustrasi dokumen rahasia.

Photo :
  • Istimewa.

Jumat pekan lalu, para pejabat AS mengonfirmasi bahwa dokumen serupa tentang Ukraina adalah bagian dari dek pengarahan intelijen harian yang lebih besar yang dibuat oleh Pentagon tentang perang untuk kepemimpinan senior.

Pejabat AS menyarankan bahwa penyelidikan kebocoran lebih baik diselidiki dari dalam, pada pelaku potensial yang sebenarnya ada di dalam Pentagon. 

Tetapi seseorang yang akrab dengan intelijen AS mengatakan penyelidikan kemungkinan tidak akan terbatas pada Pentagon, mengingat banyak orang di seluruh pemerintahan yang memiliki akses ke dokumen semacam ini.

Beberapa dokumen juga memiliki tanda yang menunjukkan bahwa dokumen tersebut dibagikan dengan negara-negara dalam aliansi intelijen Five Eyes: AS, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris.

Penilaian kerusakan

Pejabat dari negara Five Eyes lainnya sedang menunggu AS untuk membagikan penilaian kerusakan, karena negara-negara tersebut secara bersamaan melakukan penilaian mereka sendiri, kata seorang pejabat.

"Kami mengharapkan AS untuk berbagi penilaian kerusakan dengan kami dalam beberapa hari mendatang, tetapi kami tidak dapat menunggu penilaian mereka; saat ini kami sedang melakukan penilaian sendiri," kata pejabat itu. "Kami meneliti dokumen-dokumen ini untuk mencari tahu apakah ada informasi intelijen yang berasal dari koleksi kami."

Beberapa intelijen mungkin berasal dari mitra Five Eyes, kata pejabat itu. Namun dokumen tersebut tampaknya telah diperoleh dan dibocorkan oleh seseorang yang mendapatkan akses ke sistem intelijen AS, karena beberapa di antaranya memiliki tanda yang menunjukkan bahwa isinya bahkan tidak dibagikan kepada mitra intelijen terdekat AS.

Gambar dari beberapa dokumen, yang mencakup perkiraan korban Rusia dan daftar sistem senjata Barat yang tersedia untuk Ukraina, diposting ke platform media sosial Discord pada awal Maret. 

"Kebocoran ini telah duduk di server Minecraft Discord selama sebulan dan tidak ada yang menyadarinya," kata Aric Toler, seorang peneliti di outlet investigasi Bellingcat yang melacak garis waktu dokumen yang diposting. 

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • time.com

Baru pada minggu ini, dokumen yang bocor mulai mendapatkan lebih banyak perhatian setelah seseorang memposting sebagian dokumen ke 4chan, sebuah forum web yang populer di kalangan ekstremis, dan kemudian seorang pembicara Rusia memposting versi yang diubah dari salah satu dokumen di Telegram, kata Toler.

Pejabat AS percaya seseorang mengubah dokumen itu untuk membuat perkiraan jumlah orang Ukraina yang terbunuh dalam perang jauh lebih tinggi daripada yang sebenarnya.

Pentagon mengatakan bahwa pihak mereka mengetahui postingan media sosial tersebut dan kini tengah menyelidiki masalah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya