Organisasi HAM: Iran Telah Eksekusi Mati 582 Orang di Tahun 2022

Ilustrasi hukuman gantung di Iran
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA Dunia – Negara Iran telah menghukum mati setidaknya 582 orang pada tahun 2022, peningkatan 75 persen dalam jumlah eksekusi dibandingkan tahun sebelumnya karena protes mengguncang negara itu. Hal ini diungkapkan oleh dua kelompok Hak Asasi Manusia (HAM).

Toomaj Salehi Rapper Asal Iran, Divonis Hukuman Mati Usai Kritik Pemerintah

Angka-angka baru yang mengejutkan menunjukkan Iran menghukum gantung 75 persen lebih banyak orang pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya, menurut laporan oleh Iran Human Rights (IHR) yang berbasis di Norwegia dan Together Against the Death Penalty (ECPM) yang berbasis di Paris.

Angka 582 eksekusi, tertinggi di Iran sejak 2015, jauh di atas 333 yang dilakukan pada 2021, menurut laporan Daily Mail.

Cuma Pakai 20 Persen Kekuatan, Iran Bikin Israel Babak BelurJender

Arab Saudi dan Iran Berbaikan

Photo :
  • The Guardian

Unjuk rasa dan kerusuhan telah melanda Iran sejak seorang remaja etnis Kurdi bernama Mahsa Amini berusia 22 tahun meninggal dalam tahanan polisi di Teheran pada September 2022. Dia ditangkap karena diduga melanggar aturan berpakaian ketat negara itu untuk wanita.

Jiper Dibobol Iran, Israel Bangun Iron Dome Versi Online

Negara Iran telah memicu kemarahan baik secara nasional maupun internasional atas tanggapan biadabnya terhadap pengunjuk rasa di mana empat pria digantung dalam kasus terkait protes.

Direktur IHR, Mahmood Amiry Moghaddam mengatakan bahwa sementara protes internasional menahan eksekusi terkait protes, Iran terus maju dengan eksekusi atas tuduhan lain untuk mengintimidasi masyarakat umum. "Reaksi internasional terhadap hukuman mati terhadap pengunjuk rasa telah mempersulit Republik Islam Iran untuk melanjutkan eksekusi mereka," katanya.

"Untuk mengimbangi, dan untuk menyebarkan ketakutan di antara orang-orang, pihak berwenang telah mengintensifkan eksekusi atas tuduhan non-politik. Ini adalah korban murah dari mesin eksekusi Republik Islam," lanjutnya. 

Laporan yang memberatkan itu mengatakan bahwa setelah keempat pria itu dieksekusi atas tuduhan terkait dengan protes, seratus pengunjuk rasa lainnya masih mempertaruhkan eksekusi setelah dijatuhi hukuman mati atau menghadapi tuduhan yang membawa hukuman mati.

Ilustrasi hukuman gantung di Iran

Photo :
  • Daily Mail

Awal bulan ini, rekaman mengerikan menunjukkan seorang pria menuangkan yoghurt ke atas kepala dua wanita Iran yang memasuki sebuah toko tanpa mengenakan jilbab. Mereka kemudian ditangkap karena melanggar aturan berpakaian yang ketat di negara itu.

Dan bulan lalu, kelompok hak asasi Amnesty International melaporkan bahwa anak-anak berusia 12 tahun telah menjadi sasaran pemerkosaan, disetrum, dan dicambuk karena keterlibatan mereka dalam protes nasional. 

Laporan terbaru tentang eksekusi juga menyatakan kekhawatiran atas peningkatan tajam jumlah hukuman gantung terkait narkoba setelah protes meletus. Lebih dari separuh dari mereka yang dieksekusi setelah dimulainya protes, dan 44 persen dari 582 eksekusi yang tercatat pada tahun 2022, terkait dengan tuduhan narkoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya