Kronologis Mantan Anggota Parlemen India Ditembak Mati Saat Siaran Langsung Televisi

Mantan anggota parlemen India, Atiq Ahmed dan saudara laki-lakinya yang ditembak
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Dunia – Seorang mantan anggota parlemen (DPR) India yang pernah dihukum karena penculikan dan menghadapi tuduhan pembunuhan dan penyerangan, telah dibunuh bersama saudara laki-lakinya dalam penembakan dramatis yang disiarkan langsung di saluran TV.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Atiq Ahmed, mantan anggota parlemen yang menjalani hukuman seumur hidup di penjara, dan saudara laki-lakinya Ashraf Ahmed berada dalam tahanan polisi di luar rumah sakit di Prayagraj, di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, ketika tiga pria menembakkan lebih dari 20 peluru ke arah mereka dari jarak dekat saat mereka menjawab pertanyaan dari wartawan. 

Kedua bersaudara itu tewas di tempat.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Petugas polisi Ramit Sharma mengatakan, ketiga penyerang datang dengan sepeda motor yang menyamar sebagai jurnalis, dan membawa peralatan kamera, mikrofon berlogo jaringan televisi, dan kartu identitas jurnalis palsu.

Mantan anggota parlemen India, Atiq Ahmed

Photo :
  • The Guardian
Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

"Mereka berhasil mendekati Atiq dan saudaranya dengan dalih merekam byte dan menembak mereka dari jarak dekat. Keduanya mengalami luka tembak di bagian kepala. Semuanya terjadi dalam hitungan detik,” kata Sharma, melansir The Guardian. Serangan yang terjadi pada Sabtu larut malam waktu India itu tertangkap langsung di televisi oleh beberapa penyiar yang hadir di tempat kejadian.

Orang-orang yang bertanggung jawab dengan cepat menyerah kepada polisi setelah penembakan dan menyerahkan pistol mereka, dengan setidaknya satu dari mereka meneriakkan “Jai Shri Ram” atau “Salam Tuan Ram”, sebuah slogan yang telah menjadi seruan perang bagi kaum nasionalis Hindu dalam kampanye mereka melawan umat Islam.

Para penyerang masih tergolong muda, ketiganya bernama Lavlesh Tiwari (22), Mohit Puraney (23) dan Arun Kumar Maurya (18). Orang-orang tersebut dilaporkan mengatakan kepada polisi bahwa mereka telah mengikuti Ahmed bersaudara selama dua hari, sejak mereka ditahan, dan ingin melakukan pembunuhan untuk mendapatkan ketenaran.

"Kami ingin membunuh Atiq Ahmed dan saudara laki-lakinya, Ashraf dengan tujuan menghapus total geng Atiq-Ashraf dan membuat nama untuk diri kami sendiri," kata orang-orang itu seperti dikutip polisi dalam laporan yang diajukan dalam kasus tersebut. 

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki lebih lanjut tetapi tidak mengklarifikasi apakah mereka menyelidiki motif sektarian atas pembunuhan itu.

Salah satu penyerang ditembak di tangan selama tembakan polisi pembalasan dan seorang polisi juga menderita luka tembak dalam serangan itu. Sejauh ini belum ada tindakan yang diambil terhadap tim yang terdiri dari 20 petugas polisi yang bertanggung jawab atas Ahmed bersaudara.

Atiq Ahmed, saudara laki-lakinya, dan keluarga mereka yang lebih besar adalah tokoh-tokoh terkenal di dunia kriminal Uttar Pradesh, dituduh menjalankan sindikat kejahatan yang terlibat dalam pembunuhan dan pemerasan, dan mantan politisi itu memiliki lebih dari 100 kasus berbeda yang diajukan terhadapnya, termasuk penyerangan dan pembunuhan. Dia dijatuhi hukuman dipenjara seumur hidup pada 2019 setelah dinyatakan bersalah mendalangi penculikan saat dia di penjara.

Ahmed bersaudara berada dalam tahanan polisi sehubungan dengan pembunuhan pengacara Umesh Pal, yang telah menjadi saksi kunci dalam kasus pembunuhan lain yang melibatkan mereka.

Bulan lalu, Ahmed telah mengajukan petisi ke Mahkamah Agung yang menyatakan bahwa hidupnya berada di bawah ancaman polisi. Pengacaranya, Vijay Mishra, mengatakan insiden itu mengejutkan karena "jelas kegagalan polisi dalam memastikan keamanan" kliennya.

Uttar Pradesh, yang merupakan negara bagian terpadat di India dengan lebih dari 200 juta orang, memiliki reputasi kriminalitas dan hampir separuh menteri, termasuk ketua menteri, telah menunggu kasus pidana terhadap mereka.

Polisi di Uttar Pradesh memiliki catatan terkenal dalam melakukan "penembakan" ekstra-yudisial terhadap penjahat yang mereka klaim berusaha melarikan diri dari tahanan atau yang menembaki petugas terlebih dahulu. Dalam lima tahun terakhir, terjadi hampir 9.000 penembakan polisi di Uttar Pradesh, dengan lebih dari 150 kematian.

Mantan anggota parlemen India, Atiq Ahmed dan saudara laki-lakinya yang ditembak

Photo :
  • The Guardian

Partai-partai oposisi mengkritik pembunuhan itu sebagai penyimpangan keamanan yang besar. Uttar Pradesh diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP), yang juga memerintah pemerintah pusat, dan menteri utama negara bagian Yogi Adiyanath adalah salah satu tokoh nasionalis Hindu garis keras di partai tersebut.

Adityanath telah berulang kali menempatkan keamanan dan pemberantasan kejahatan di negara bagian tersebut di garis depan agenda politiknya, seringkali melalui cara-cara yang kontroversial. Dalam pidatonya di tahun 2017, Adityanath mengatakan “jika ada yang melakukan kejahatan, dia akan ditembak jatuh”. Aktivis dan mantan petugas polisi telah menuduh pembunuhan di luar hukum sejak menjadi kebijakan tidak resmi di negara bagian tersebut, yang dilakukan dengan impunitas oleh polisi.

Adityanath mengatakan penyelidikan yudisial telah diperintahkan atas pembunuhan saudara-saudara itu dan sebuah laporan telah diserahkan ke kementerian dalam negeri. Internet terputus di daerah-daerah tertentu, dengan kelompok besar dilarang berkumpul karena khawatir masalah tersebut dapat meningkat menjadi protes atau kekerasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya