Meski Sedang Dalam Perjanjian Gencatan Senjata, Perang Tetap Berlangsung di Sudan

Perang Membara di Sudan dan Menilik Nasib WNI
Sumber :
  • VIVA

VIVA Dunia – Pasukan militer Sudan yang kini tengah berperang, saling menuduh telah melakukan pelanggaran saat perjanjian gencatan senjata baru, ketika konflik mematikan mereka telah berlangsung selama tiga minggu. 

Tank Israel Siap Serang Rafah Jika Tak Ada Kesepakatan Gencata Senjata Setelah 72 Jam

Ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka sejak perebutan kekuasaan antara tentara Sudan dan Rapid Support Forces (RSF) paramiliter meletus, yang menjadi konflik pada 15 April 2023 lalu.

Kedua belah pihak mengatakan perjanjian gencatan senjata formal yang akan berakhir pada tengah malam pada hari Minggu akan diperpanjang selama 72 jam lagi, dalam sebuah langkah yang menurut RSF adalah "sebagai tanggapan atas seruan internasional, regional dan lokal".

Partai Gelora Tolak PKS, Partai Koalisi Serahkan Keputusan Akhir di Prabowo Subianto

Demikian dikutip dari Al Jazeera, Senin, 1 Mei 2023.

Ilustrasi Tentara dari Pasukan Pertahanan Rakyat Sudan Selatan (SSPDF)

Photo :
  • AP Photo/Samir Bol
Arab Saudi Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Arab-Eropa untuk Membahas Pengakuan Negara Palestina

Tentara mengatakan pihaknya berharap, siapa yang disebutnya sebagai "pemberontak" akan mematuhi kesepakatan itu, tetapi diyakini mereka bermaksud untuk melanjutkan serangan. Para pihak terus berjuang melalui serangkaian gencatan senjata yang diamankan oleh mediator termasuk Amerika Serikat.

Situasi di Khartoum, di mana tentara memerangi pasukan RSF yang bercokol di daerah pemukiman, relatif tenang pada Minggu pagi, setelah bentrokan hebat terdengar pada Sabtu malam di dekat pusat kota.

Tentara mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah menghancurkan konvoi RSF yang bergerak menuju Khartoum dari barat. RSF mengatakan tentara telah menggunakan artileri dan pesawat tempur untuk menyerang posisinya di sejumlah daerah di provinsi Khartoum.

Pertempuran di Khartoum sejauh ini telah membuat pasukan RSF menyebar ke seluruh kota saat tentara mencoba untuk menargetkan mereka sebagian besar dengan menggunakan serangan udara dari pesawat tak berawak dan jet tempur.

“Tidak ada negosiasi langsung, ada persiapan untuk pembicaraan,” ujar perwakilan khusus PBB di Sudan, Volker Perthes, mengatakan kepada wartawan di Port Sudan, menambahkan bahwa negara-negara regional dan internasional bekerja sama untuk mendamaikan kedua belah pihak.

Perthes mengatakan bahwa kedua belah pihak lebih terbuka untuk negosiasi daripada sebelumnya dan mengatakan dia berharap pertemuan langsung antara perwakilan kedua pihak akan diadakan secepat mungkin untuk “mencapai gencatan senjata terorganisir dengan mekanisme pemantauan”.

Rakyat Sudan tetap menggelar protes di jalan guna menuntut Dewan Peralihan Militer (MTC) menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sipil.

Photo :
  • Anadolu Agency.

Pemimpin Angkatan Darat Jenderal Abdel Fattah al-Burhan mengatakan dia tidak akan pernah duduk dengan kepala RSF Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, juga dikenal sebagai Hemedti, yang pada gilirannya mengatakan dia akan berbicara hanya setelah tentara menghentikan permusuhan.

Konflik tersebut telah menggagalkan transisi politik yang didukung secara internasional yang bertujuan untuk membangun pemerintahan demokratis di Sudan, di mana mantan Presiden otokratis Omar al-Bashir digulingkan pada 2019 setelah tiga dekade berkuasa.

Sedikitnya 528 orang tewas dan 4.599 terluka dalam pertempuran itu, kata kementerian kesehatan. PBB telah melaporkan jumlah kematian yang serupa tetapi yakin jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya