Zelensky Bantah Serang Kediaman Putin dengan Drone

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • mirror.co.uk

VIVA Dunia – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky membantah bahwa pihaknya yang menyerang kediaman Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan pesawat tak berawak di Kremlin. Serangan itu diduga untuk menghabisi nyawa Putin

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

"Kami tidak menyerang Putin atau Moskow. Kami berperang di wilayah kami. Kami mempertahankan desa dan kota kami," katanya saat berbicara dalam kunjungan ke Finlandia, dikutip dari BBC Internasional, Kamis, 4 Mei 2023. 

Kantor presiden Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah mengirimkan dua drone dalam semalam. Penyerangan itu membuat Moskow mengancam akan membalas kapan saja jika dianggap perlu. 

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

VIVA Militer: Ilustrasi pesawat tanpa awak (drone) tempur

Photo :
  • IBTimes India

Sebuah rekaman video yang belum diverifikasi dan beredar secara online menunjukkan asap mengepul di atas Kremlin, sebuah kompleks pemerintah di pusat kota Moskow, pada Rabu pagi, 3 Mei 2023. Kemudian, video kedua menunjukkan ledakan kecil di atas gedung Senat. 

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

Kepresidenan Rusia mengatakan Ukraina telah mencoba menyerang kediaman Putin di Kremlin dan menggambarkannya sebagai tindakan teroris yang direncanakan dan upaya pembunuhan terhadap presiden. 

Para pejabat mengatakan dua pesawat tak berawak yang menargetkan kompleks itu juga telah dinonaktifkan menggunakan aset radar elektronik, dan menambahkan bahwa Putin tidak berada di kompleks itu pada saat serangan terjadi. 

Tetapi, Ukraina mengatakan tuduhan Rusia hanyalah dalih untuk serangan besar-besaran di wilayahnya dan AS mengatakan pihaknya memperlakukan klaim Rusia dengan sangat hati-hati.

 

Kediaman Putin di Kremlin Diserang Drone.

Photo :
  • Dok.BBC

Putin tampaknya menjadi salah satu pemimpin yang paling dijaga ketat di dunia. Pada acara Putin di Moskow yang dihadiri oleh wartawan BBC, keamanan yang sangat ketat telah diterapkan, termasuk pemeriksaan ekstensif dan konvoi panjang kendaraan dengan wilayah udara ditutup dan lalu lintas dihentikan. 

Namun, jika apa yang dikatakan Kremlin itu benar, itu akan menimbulkan pertanyaan tentang seberapa baik perlindungan presiden sebenarnya. Juga akan ada pengawasan atas keefektifan pertahanan udara Rusia. 

Dalam beberapa bulan terakhir, sistem anti-pesawat terlihat di atap Moskow di sekitar gedung-gedung utama. Mereka telah ditempatkan di sana karena Kremlin khawatir bahwa Ukraina, atau mereka yang bersimpati pada Ukraina, mungkin mencoba melakukan serangan udara terhadap target bernilai tinggi. 

Soal serangan itu, beberapa pejabat juga telah menyerukan tindakan keras. Jenderal Rusia telah berkali-kali memperingatkan tentang tanggapan keras terhadap setiap serangan di wilayah Rusia. 

Tetapi tidak jelas apakah Rusia memiliki kapasitas untuk melakukan serangan balasan, atau apakah insiden ini akan menyebabkan eskalasi yang signifikan di medan perang di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya