Para Pemimpin ASEAN Diajak Naik Kapal Pinisi di Labuan Bajo: Menyegarkan dan Romantis

Presiden Filipina
Sumber :
  • Instagram

VIVA Dunia – Saat diajak menikmati indahnya matahari terbenam dari atas kapal pinisi, di Labuan Bajo, NTT, sederet para pemimpin ASEAN memberikan kesan menarik pada momen tersebut. Seperti yang diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mengajak para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam, pada Rabu, 10 Mei 2023. 

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

Kegiatan tersebut dilakukan Presiden Jokowi selepas rangkaian acara sidang pleno dan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di hari yang sama, rampung dilaksanakan. 

Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr bersama dengan istrinya, Louise Araneta-Marcos menyampaikan bahwa mereka menikmati keindahan Labuan Bajo. Di atas kapal, Ferdinand menjabarkan bahwa keindahan alam yang dia lihat mampu menjernihkan pikirannya. 

Jokowi dan Gibran Tak Dianggap Kader Lagi oleh PDIP, Qodari: Kesalahan Fatal

Diplomasi Matahari Terbenam

Photo :
  • Agus Suparto/Istana Presiden

"Sangat bagus untuk menjernihkan pikiran anda. Jadi bisa kembali bekerja dan menyegarkan," kata Ferdinand, seperti dikutip dalam Instagram @jokowi, Kamis, 11 Mei 2023. 

Jokowi Teken UU Desa, Kades Bisa Menjabat Maksimal 16 Tahun

"Dan romantis," tambah Louise. 

Dalam kesempatan yang sama, para pemimpin ASEAN juga diajak oleh Presiden Jokowi untuk sejenak melepas beban pikiran mereka soal ekonomi dan masalah lainnya. Ini waktunya untuk bersantai dan menikmati alam dari Labuan Bajo. 

"Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Joko Widodo adalah kita datang ke kapal dan kita tidak terlalu memikirkan ekonomi dan masalah, keamanan. Dan itu benar sekali. Itu ide yang sangat bangus untuk menjernihkan pikiran anda." 

Selain itu, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong menyampaikan kekaguman dari ide Jokowi untuk mengajak para pemimpin ASEAN melihat keindahan Labuan Bajo dari atas kapal. Menurutnya, hal itu membuatnya sangat senang dan nyaman. 

"Sangat menyenangkan, sejauh ini sangat tenang, sangat nyaman, kami ingin melihat matahari terbenam. Saya sangat senang karena dapat melihat matahari. Sangat menakjubkan," ujar Lee.

Dia juga menjabarkan bahwa dirinya belum pernah berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, ini merupakan pertama kalinya dia berkunjung ke wilayah tersebut. 

"Saya belum pernah ke Nusa Tenggara Timur, ini pertama kali. Saya melihatnya (NTT) di foto, tetapi berada di sini lebih baik," tambahnya. 

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah juga hadir bersama dengan Pangeran Abdul Mateen. Mereka mengatakan bahwa berada di atas kapal dan bersantai merupakan sisi baru dalam ASEAN. 

"Ini pertama kalinya kami di Labuan Bajo. Jadi kami senang berada di kapal ini. Melihat sisi berbeda dari KTT ASEAN." 

Diketahui, selepas menikmati suasana matahari tenggelam itu, Presiden Jokowi dijadwalkan menggelar jamuan makan malam bagi para pemimpin ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach. 

Kegiatan menikmati suasana matahari tenggelam sejalan dengan niatan Presiden Jokowi untuk menjadikan KTT ke-42 ASEAN 2023 sebagai momentum untuk mempromosikan Labuan Bajo agar semakin dikenal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya