Detik-detik Warga Malaysia Serbu Supermarket, Borong Air Mineral Kemasan

Masyarakat Malaysia Borong Air Mineral
Sumber :
  • TikTok

VIVA Dunia – Malaysia dilanda kekeringan, setelah kesalahan sistem distribusi air yang dilakukan pada Sungai Muda, membuat 1 juta penduduk di wilayah Penang dan Kedahan mengalami panic buying hingga memborong semua air mineral di supermarket. Video yang tersebar di sosial media TikTok juga memperlihatkan orang berbondong-bondong mengantri membeli air mineral kemasan. 

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Melalui akun TikTok @finazeffendy76, menunjukan warga Malaysia yang kelimpungan dan mengantre untuk membeli air mineral. Rak-rak air mineral pun terlihat kosong, setelah warga membeli air dalam jumlah yang tidak sedikit. 

"Panic buying," tulis akun itu, dikutip pada Senin, 22 Mei 2023. 

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Rak Air Mineral Ludes dibeli Masyarakat

Photo :
  • TikTok

Dalam keterangan video, warga memborong air mineral di Aeon, Southwest Penang Island District. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Buntut dari fenomena tersebut, Ketua Menteri Chow Kon Yeow mengimbau warga Penang untuk menghemat air dan menunjukkan bahwa Bendungan Ayer Itam, hanya ada cukup air bagi penduduk setempat untuk bertahan 120 hari lagi. 

“Penggunaan air harian per kapita Penang melonjak hingga di atas 300 liter tahun lalu, tertinggi di negara ini. Tarif harus dinaikkan untuk mengendalikan pemborosan air,” katanya, dikutip dari The Star. 

Sebagai informasi, tanpa air dari Sungai Muda, tingkat bendungan Penang mengalami kesulitan. Bendungan Ayer Itam hanya terisi 39,8 persen, Bendungan Teluk Bahang 46,2 persen, dan bahkan Bendungan Mengkuang yang lebih besar, yang biasanya terisi lebih dari 90 persen, turun menjadi 88,2 persen. 

Selain itu, meskipun pasokan air pulih dalam waktu kurang dari 24 jam, penjual makanan mengatakan bahwa mereka tidak berjualan karena tidak dapat menyiapkan bahan makanan tanpa ketersediaan air sehari sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya