Denmark Berencana Tambah Rp38 Triliun untuk Bantuan Militer Ukraina

VIVA Militer: Serangan artileri militer Ukraina di kota Bakhmut
Sumber :
  • nbcnews.com

VIVA Dunia – Denmark berencana meningkatkan pengeluaran untuk bantuan militer kepada Ukraina hingga 17,9 miliar krona Denmark (sekitar Rp38,52 triliun) selama tahun ini dan tahun depan, kata Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen pada Senin 29 Mei 2023.

Denmark, dengan populasi kurang dari 6 juta orang, pada Maret mengumpulkan dana US$1 miliar (sekitar Rp14,96 triliun) untuk bantuan militer, sipil, dan bisnis ke Ukraina pada tahun 2023.

Frederiksen, yang dinilai memiliki potensi sebagai calon ketua Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), pada Senin mengatakan kepada radio pemerintah Denmark bahwa pemerintah berencana menambah 7,5 miliar krona (sekitar Rp16,13 triliun) ke dana tersebut dan 10,4 miliar krona (sekitar Rp22,37 triliun) tahun depan.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, menerima vaksin COVID-19.

Photo :
  • Instagram

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

"Kontribusi besar ini akan semakin memperkuat kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Ukraina dalam jangka pendek dan menengah," kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Twitter. "Kekuatan kita ada di persatuan!"
Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO


Dana baru tersebut dialokasikan untuk bantuan militer, menurut laporan Radio Danmarks.

Pengumuman itu disampaikan menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken ke sesama negara Nordik Denmark, seperti Swedia, Norwegia, dan Finlandia.

Finlandia baru-baru ini bergabung dengan NATO karena invasi Rusia terhadap Ukraina dan Swedia berharap bisa menjadi anggota NATO paling lambat pada saat konferensi tingkat tinggi (KTT) aliansi itu di Vilnius, Lituania, pada Juli mendatang. (Ant/Antara)
VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (AS) di Israel

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Rabu, 24 April 2024, bersiap menandatangani paket bantuan yang telah lama tertunda, untuk mendukung perang Israel di Gaza.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024