5 Negara Terkaya di Benua Asia, Tetangga Indonesia Nomor 1

Lapangan Padang Singapura
Sumber :
  • Tripadvisor

Jakarta – Benua Asia merupakan tempat berkumpulnya beberapa bisnis besar di Dunia. Pasalnya tak jarang banyak dari negara Asia yang masuk ke dalam 50 besar orang terkaya di dunia.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Banyak negara dari benua tersebut yang memiliki berbagai bisnis. Mulai dari fashion kelas atas, restoran berbintang, Michelin, teknologi hingga kapal pesiar pribadi yang berjejer di pelabuhan.

Negara terkaya di Asia

Photo :
Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Negara-negara Asia yang hebat tersebut menjadi makmur dan kaya karena memiliki beragam kekuatan ekonomi dan cara berpolitik yang hebat. 

Nah kali ini VIVA membahas deretan negara terkaya di Benua Asia berdasarkan PDB Per Kapita di tahun 2023 yang dilansir dari World Bank:

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

1. Singapura USD140.280

Singapura saat ini menjadi negara terkaya di Asia. Meski memiliki sumber daya alam yang terbatas, Singapura memiliki pemerintahan yang jauh lebih baik dari Indonesia. Makanya membuat negara tersebut terus mengalami peningkatan ekonomi setiap tahunya.

Singapura sendiri saat ini telah menjadi pusat bisnis tak hanya di Asia bahkan banyak perusahaan Amerika yang membuka bisnis di sana.

2. Qatar - USD123.039

Negara yang menjadi tuan rumah piala dunia tahun 2022 ini menempati posisi kedua sebagai negara terkaya di Asia.

Cadangan minyak yang melimpah membuat Qatar menjadi negara maju dengan PDB yang terus mengalami peningkatan. Tak jarang mobil sport mewah banyak terparkir ditempat umum jika kamu berkunjung di negara tersebut.

3. Uni Emirat Arab - USD81.753

Ilustrasi negara terkaya

Photo :

Negara para sultan ini menempati posisi ketiga sebagai negara terkaya di Asia pada tahun 2023. Sektor bisnis dan pariwisata menjadi pemenang Ekonomi yang besar di Unit Emirat Arab.

4. Bahrain - USD60.532

Diposisi keempat ditempati oleh Bahrain sebagai negara terkaya di Asia. Dengan letaknya yang strategis negara tersebut mampu memanfaatkan posisinya sebagai pusat perdagangan antar negara Eropa, Asia dan Afrika.

Ditambah pemimpin Bahrain memiliki kebijakan ekonomi yang bagus tak seperti dinegara kita Indonesia.

5. Arab Saudi - USD58.736

Cuaca panas di Kota Mekkah Arab Saudi

Photo :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti/MCH 2023

Sudah dari dulu Arab saudi menjadi salah satu negara terkaya di Asia, terutama karena cadangan minyaknya yang luas.  Penemuan minyak pada tahun 1930-an mengubah ekonomi Saudi, yang mengarah pada perkembangan dan pertumbuhan yang cepat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya