NATO Gelar Latihan Udara Terbesar Dalam Sejarah, Libatkan Jepang

NATO
Sumber :
  • CNBC

Tokyo – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) memulai latihan udara skala besar mereka di Jerman, pada Senin 12 Juni 2023, waktu setempat dengan melibatkan Jepang yang bergabung dalam kapasitas sebagai pengamat.

Pagi Buta Papua Membara, Pasukan Operasi TNI Gempur Benteng OPM di Hutan Pogapa

Latihan udara itu dimaksudkan untuk menunjukkan solidaritas aliansi militer tersebut di tengah perang Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina. Latihan itu disebut sebagai "pengerahan angkatan udara terbesar dalam sejarah NATO."

Dipimpin oleh Angkatan Udara Jerman, latihan itu dinamakan Air Defender 23 dan akan berlangsung hingga 23 Juni mendatang. Air Defender 23 di wilayah udara Eropa melibatkan sekitar 250 pesawat militer dari 25 negara
anggota NATO dan mitra, termasuk Swedia dan Jepang.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Latihan militer infanteri gabungan oleh NATO pada Oktober 2022

Photo :
  • AP Photo/Mindaugas Kulbis

Amerika Serikat sendiri menugaskan sekitar 2.000 personel darat dan udara serta 100 pesawat, termasuk jet tempur siluman F-35 yang canggih, sementara Angkatan Udara Bela Diri Jepang mengirimkan sebuah pesawat angkut, menurut angkatan bersenjata Jerman.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

NATO dan Jepang terus memperkuat kemitraan mereka di Indo-Pasifik untuk menghadapi pengaruh Beijing yang terus meningkat di kawasan. Kedua pihak memandang situasi keamanan di kawasan tersebut saling terkait dengan situasi di Eropa.

NATO memandang Jepang sebagai negara mitra, bersama dengan Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru, dalam upaya untuk mengendalikan ketegasan China, yang juga menjalin kemitraan militer intensif dengan Rusia.

Keikutsertaan Jepang dalam Air Defender 23 bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak kerja sama pertahanan dari negara-negara Eropa, menurut sumber Kementerian Pertahanan Jepang.

Bendera NATO.

Photo :
  • www.breitbart.com

Latihan udara NATO telah direncanakan sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Kepala Angkatan Udara Jerman, Letnan Jenderal Ingo Gerhartz, mengatakan bahwa memperlihatkan kemampuan pertahanan NATO saat ini akan menjadi "sinyal" penting untuk memberi peringatan terhadap Rusia.

Perang di Ukraina mendorong Swedia dan Finlandia untuk mengakhiri status netral negaranya selama puluhan tahun, dengan mendaftar untuk bergabung ke dalam NATO pada Mei tahun lalu. Finlandia, tetangga Rusia, telah resmi menjadi anggota ke-31 NATO pada April setelah mendapat persetujuan bulat.

Sementara itu, lamaran Swedia hingga saat ini masih ditangguhkan karena keberatan dari Turki dan Hongaria. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya