Ukraina Tuduh Vladimir Putin Punya Tubuh Ganda, Rusia: Kebohongan Lagi

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • usni.org

Rusia – Vladimir Putin memiliki tubuh ganda yang menggantikan presiden Rusia berusia 70 tahun itu di acara-acara tertentu, menurut seorang pejabat intelijen Ukraina.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Andriy Yusov, juru bicara badan intelijen militer Ukraina, GUR, membuat pernyataan tersebut dalam wawancara luas Kamis dengan surat kabar online Ukrainska Pravda.

Di tengah desas-desus bahwa kesehatan Putin memburuk, pejabat Ukraina berulang kali mengatakan bahwa Putin telah menggunakan tubuh ganda. Kremlin telah menolak tuduhan tersebut, yang belum dibuktikan kebenarannya. "Putin menggunakan tubuh ganda," kata Yusov. "Ini adalah fakta yang didasarkan pada kecerdasan operatif dan penilaian ahli fisiognomi dan banyak spesialis lainnya,” lanjutnya, menurut laporan News Week.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • nextgov.com

Dia mengutip kunjungan mendadak yang dilakukan Putin ke wilayah pendudukan Ukraina pada bulan Maret, yang pertama sejak dia melancarkan invasi besar-besaran ke negara tetangga pada Februari 2022, dan wilayah selatan Kherson pada bulan April.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

"Kunjungannya ke wilayah selatan yang diduduki benar-benar palsu, yang terorganisir agak buruk dan tergesa-gesa. Ada perbedaan besar baik dalam perilaku 'Putin' maupun penampilannya," kata Yusov.

Yusov melanjutkan: "Dia tidak akan pernah duduk di dalam mobil itu dan tidak akan pernah berpakaian seperti itu. Dia tidak akan pernah berbicara dengan warga lokal yang diduga, seperti yang kita tahu bahwa akses ke Putin yang sebenarnya di Kremlin dibatasi bahkan untuk rombongannya sendiri, harus satu meter, meja panjang yang selalu semakin panjang, dan karantina wajib dijalani orang sebelum bertemu dengannya."

Keir Giles, seorang ahli Rusia dan seorang konsultan senior di think tank Chatham House yang berbasis di London, mengatakan kepada News Week pada bulan Maret bahwa Putin mungkin telah menggunakan badan ganda dalam kunjungan ke kota pelabuhan Mariupol Ukraina, yang diduduki karena Rusia perlu "menjual" rakyatnya kisah sukses dalam perang.

"Itu termasuk membiarkan mereka berpegang pada gagasan bahwa Rusia adalah kekuatan kebaikan di kota-kota yang telah dihancurkannya," kata Giles. "Itulah mengapa kunjungan Putin atau salah satu kembarannya ke Mariupol harus (bertempat) di blok flat baru yang sama yang telah ditampilkan televisi pemerintah Rusia berkali-kali, daripada adegan kehancuran di sekitarnya."

Pada Agustus 2022, kepala intelijen militer Ukraina Mayor Jenderal Kyrylo Budanov menyatakan bahwa telinga Putin terlihat berbeda dalam beberapa penampilan publiknya. Budanov mengatakan pada 1+1, saluran TV Ukraina, bahwa kebiasaan, penampilan, dan bahkan tinggi badan Putin telah berubah.

"Gambar telinga, katakanlah, berbeda. Dan itu seperti sidik jari, gambar telinga setiap orang unik. Tidak dapat diulang," kata Budanov, tanpa memberikan bukti nyata untuk mendukung tuduhannya.

TSN, sebuah program berita harian, melaporkan pada bulan Agustus bahwa Budanov percaya bahwa Putin sakit parah dan ini bukan rahasia besar. Dia menyarankan agar presiden Rusia menggunakan tubuh ganda untuk menghindari tampil di depan umum.

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • presswire18.com

"Mereka (pengganda tubuh Putin) memiliki kebiasaan yang berbeda, tingkah laku yang berbeda, gaya berjalan yang berbeda, kadang-kadang bahkan ketinggian yang berbeda jika Anda melihat dari dekat," kata Budanov.

Kremlin mengatakan tuduhan semacam itu palsu. "Anda mungkin pernah mendengar bahwa (Putin) memiliki sangat banyak orang yang bekerja menggantikan dia saat dia duduk di bunker," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan pada bulan April. "(Itu adalah) kebohongan lagi."

Dia melanjutkan: "Anda lihat sendiri seperti apa presiden kita. Dia selalu, dan sekarang, sangat aktif. Mereka yang bekerja di sebelahnya hampir tidak bisa mengikutinya. Energinya hanya bisa membuat iri. Kesehatannya hanya bisa mengharapkan Tuhan. Tentu saja, dia tidak duduk di bunker mana pun. Ini juga bohong."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya