Kabar Duka, Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia

Silvio Berlusconi
Sumber :
  • Sky Sports

Roma – Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, yang terjerat skandal seks dan tuduhan korupsi, telah meninggal dunia pada usia 86 tahun, Senin 12 Juni 2023. Dia meninggal di rumah sakit San Raffaele di Milan, menurut media Italia dilansir BBC.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Pada bulan April, Berlusconi dirawat karena infeksi paru-paru yang terkait dengan kasus leukemia kronis, yang sebelumnya dirahasiakan.

Berlusconi, seorang taipan media, dan miliarder yang flamboyan, pertama kali menjabat pada tahun 1994 dan memimpin empat pemerintahan hingga tahun 2011. Dia memimpin partai Forza Italia sayap kanan-tengah yang berkoalisi di bawah Perdana Menteri, Giorgia Meloni, setelah pemilihan pada bulan September, ketika dia terpilih menjadi anggota majelis tinggi Italia, Senat.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Mantan pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi.

Photo :
  • DAYLIFE

Menanggapi berita tersebut, Menteri Pertahanan Italia, Guido Crosetto, mengatakan kematian Berlusconi meninggalkan "kekosongan besar".

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

"Sebuah era telah berakhir ... Perpisahan Silvio," tulis Crosetto dalam sebuah tweet, menambahkan bahwa dia "sangat mencintai" Berlusconi".

Berlusconi menderita kanker darah yang langka, leukemia myelomonocyte kronis, kata dokter di San Raffaele kepada wartawan awal tahun ini.

Sejauh ini, belum ada konfirmasi resmi mengenai penyebab langsung kematiannya. Dia berulang kali mengalami masalah kesehatan sejak tertular Covid pada tahun 2020.

Lahir pada tahun 1936 di Milan, Berlusconi memulai kariernya menjual penyedot debu, sebelum mendirikan perusahaan konstruksi. Dia kemudian menjadi salah satu orang terkaya di Italia, memperoleh kekayaannya melalui saluran TV-nya.

Dia mendapat pengakuan internasional sebagai pemilik klub sepak bola legendaris AC Milan - yang dia selamatkan dari kebangkrutan pada tahun 1986 - sebelum terjun ke dunia politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya